Keindahan Taman Nasional Wakatobi yang Wajib Dikunjungi

Keindahan Taman Nasional Wakatobi yang Wajib Dikunjungi

EARTHIANOS – Taman Nasional Wakatobi merupakan surga dunia yang begitu populer di kalangan para penyelam dalam dan luar negeri. karena, taman nasional wakatobi ini memiliki keindahan bawah laut yang begitu menakjubkan. taman nasional wakatobi ini beada di Provinsi Sulawesi Tenggara. taman nasional ini menyuguhkan pemandangan bawah laut yang begitu memukau tidak heran jika terkenal sampai ke luar negeri.

Wakatobi merupakan gugusan kepulauan yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara. wilayah ini begitu luas serta memiliki empat pulau utama yaitu pulau wangiwangi, pulau kaledupa, pulau tomia, dan pulau binongko. secara umum taman nasional wakatobi ini terdiri dari 143 pulau besar namun hanya tujuh pulau saja yang dihuni. terdapat tiga suku yang tinggal di kawasan tersebut yaitu suku buton, suku bajo, dan suku bugis.

Taman nasional wakatobi begitu dikenal dengan keindahannya yang luar biasa. Anda bisa menemukan kehidupan laut yang begitu indah di perairan wakatobi ini.  sehingga sudah digagas pembentukannya pada tahun 1989 silam. Sebelum menjadi taman nasional, wilayah wakatobi telah menjadi konservasi laut yang ditetapkan berdasarkan suvei oleh dirjen kehutanan dan konservasi alam.

Survey tersebut mengungkapkan bahawa area perairan wakatobi memiliki sumber daya laut yang sangat melimpah, mulai dari terumbu karang, ragam jenis ikan biota laut serta keragaman habitat. Perpaduan tersebut menampilkan pemandangan bawah laut yang begitu mempesona. Status konservasi laut tersebut kemudian, berubah menjadi taman nasional wakatobi pada juli 1996. Taman nasional wakatobi kni sudah terusia lebih dari 20 tahun memiliki luas wilayah 1.390.000 hektare ini kemudian menjadi rumah bagi habitat laut dan darat.

Keunikan Taman Nasional Wakatobi yang Indah

Keunikan dari Taman Nasional Wakatobi bisa anda jumpai adalah kekayaan alam dari wilayah konservasi yang berada di darat dan laut. Di dalam lautnya, anda bisa menemukan keunikan coral triangle atau segitiga terumbu karang. Di segitiga tersebut anda bisa menemukan lukisan bawah laut terbaik di dunia. Taman Nasional ini juga memiliki 50 diving spot yang dapat diakses dari pulau-pulau besar disekitarnya. keunikan inilah yang membuat taman nasional wakatobi hanya kalah dari dari Great Barrier Reef, Queensland, Australia.

Selain menjadi salah satu tempat wisata terbaik di dunia, taman nasional ini juga menjadi tempat observasi para ilmuwan dari penjuru dunia. Pada tahun 2012, taman nasional wakatobi juga ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO.

Daya Tarik Keindahan Taman Nasional Wakatobi

Taman nasional wakatobi memiliki keindahan yang begitu luar biasa. Ada beragam aktivitas yang bisa anda lakukan saat berkunjung ke Taman nasional wakatobi. Untuk itu, disini akan disebutkan aktivitas serta daya tarik baik di darat maupun di dalam laut yaitu:

  • Menyelami indahnya wakatobi

Salami indahnya bawah laut wakatobi yang mempesona. Taman nasional ini kerap disebut sebagai surga bagi para penyelam dunia. Ada sejumlah spot menyelam yang bisa diakses seperti pantai sombu dan pantai onemohute di pulau wangiwangi. Bisa juga ke pulau hoga di pulau kaledua, pulau tomia, dan pulau binongko.

  • Melihat lumba-lumba secara langsung

Di wakatobi bisa juga mengunjungi pulau kapota untuk melihat lumba-lumba secara langsung. Untuk menuju pulau ini, anda perlu menempuh perjalanan selama 15 menit menggunakan kapal dari pulau wangiwangi. Momen ini bisa anda nikmati setiap pagi, antara pukul 06.00 hingga 7.30 WITA. Untuk bisa menikmati pengalaman tersebut, anda pelu mengeluarkan uang sekitar Rp 750.000 untuk dua orang. Harga tersebut untuk sewa kapal dan fasilitas snorkeling dengan durasi dua jam.

  • Menikmati keindahan danau sombano

Danau sombano membentang sepanjang 700 meter dari garis pantai di pulau kaledupa. Danau sombano sendiri menyuguhkan pemandangan asri karena masih alami. Air danaunya jernih dan menjadi habitat utama udang meah darah. Aktivitas di sini seperti naik kano untuk mengelilingi dunia.

  • Berkunjung ke kampung suku bajo

Anda juga bisa mengunjungi kampung suku bajo bernama bajo moala. Suku yang terkenal dengan sebutan pengemara lautan ini tinggal di perkampungan yang berada tepat di atas laut luas.

Anda bisa menikmati pemandangan yang memukau sambil berinteraksi dengan penduduk setempat.

  • Menyusuri gua kontamale

Gua kontamale merupakan gua mata air yang tidak kalah indah dari gua-gula lainnya di Indonesia. Gua ini mempunyai susunan stalaktit yang eksotis dan berpad dengan air jernih kebiruan. Konon mata air dari gua ini bisa membuat mudah mendapatkan jodoh menurut kepercayaan sekitar.

  • Bersantai di pulau hoga

Anda bisa bersantai di pulau hoga yang menawarkan pesona wakatobi yang tidak ada habisnya. Nikmati moment bersantai dengan pemandangan hamparan pasir putih, jajaran pohon kelapa, serta air yang biru jernih. Tempat ini sangat cocok dijadikan healing spot terbaik.

  • Berburu sunset di pantai cemara

Ada bisa menutup hari dengan menyaksikan panorama sunset yang luar biasa mempesona dari pantai cemara di pulau wangiwangi. Anda bisa melihat langsung pemandangan luas laut bandar yang menampilkan pemandangan matahari terbenam sangat indah.

  • Wisata sejarah di desa liya togo

Selain wisata alamnya, taman nasional wakatobi juga memiliki wisata sejarah di desa Liya Togo. Di sana terdapat dua bangunan bersejarah, yaitu benteng liya dan masjid mubarok. Kedua bangunan tersebut adalah peninggalan kesultanan buton. Benteng liya dibangung menggunakan batu-batuan dari gunung hingga tiga lapisan dengan luas total mencapai 52 hektare.

  • Datang ke festival seru di wakatobi

Wisatawan bisa berkunjung ke beberapa festival seru di wakatobi, misalnya upacara safaraa ang digelar setiap tahun di bulan safar dalam kalender Islam. Warga pulau tomia akan berkumpul untuk merayakan upacara tersebut dengan tarian energik. Ada juga kegiatan menghias perahu tradisional hingga mengarak perahu di pantai. Selain itu, ada juga festival pulau tomia hingga wakatobi wafe yang festivalnya berkaitan dengan laut dan pesta rakyat.

  • Berburu oleh-oleh khas wakatobi

Wisatawan juga bisa berburu beragam oleh-oleh khas wakatobi, mulai dari kain tenun khas wakatobi, abon ikan marlin, kerajinan perak, bagea, dan banyak lagi. Sehingga liburan pun semakin menyenangkan.

Itulah daya tarik dari taman nasional wakatobi yang begitu mempesona dan menawarkan keindahan alam indonesia yang luar biasa. Siapa pun yang berkunjung ke taman nasional ini, pasti ingin berkunjung kembali menikmati ketenangan yang ada di taman nasional tersebut. Anda akan menemukan beragam biota laut yang langka, unik dan keindahan terumbu karang di bawah laut.

Baca Juga : 5 Pantai Terbaik Di Indonesia untuk Liburan Anda

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *