Eksotisnya Air Terjun Malela yang Cocok untuk Liburan

Eksotisnya Air Terjun Malela yang Cocok untuk Liburan

EARTHIANOS – Air terjun atau curug Malela merupakan destinasi wisata populer di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Keindahan air terjun malela ini sangat memikat wisatawan  bahkan disebut-sebut mirip dengan air terjun Niagara. Air terjun Niagara sendiri berada di perbatasan Ontario, Kanada dan New York, Amerika Serikat merupakan salah satu air terjun di dunia yang sangat terkenal. Dengan pemenandangan yang spektakuler, Niagar mampu menyedot para turis untuk datang ke sana.

Namun, tidak perlu jauh-jauh datang ke Amerika untuk melihat air terjun serupa Niagara, karena di Bandung Barat juga sudah ada Curug Malela yang disebut sebagai Niagara versi mini. Sumber air curug malela ini berasal dari hulu sungai bagian utara gunung kendeng. Aliran air terjun Malela sangat deras sehingga harus ekstra hati-hati jika ingin berenang.

Air terjunnya dari tebing bebatuan hitam bukan hanya satu namun sampai lima. Masing-masing mengalir deras berdekatan dari ketinggian sekitar 60 meter. Saking derasnya, bagian bawah air terjun malela membentuk kolam dalam. Bagi yang jago berenang, bisa mencoba sensasi mengarungi kolam hasil kucuran air terjun diiringi udara sejuk dan hawa dingin yang sanggup merilekskan pikiran. Namun, jika tidak bisa berenang wajib hati-hati. Pasalnya, kolam tersebut diperkirakan kedalamannya hingga 1,5 meter.

Daya Tarik Eksotis dari Air Terjun Malela

Suasana air terjun malela semakin eksotis dengan bebatuan besar tersebar di area kolam. Perpaduan antara segarnya air, visual hijau memanjakan mata serta batu alami mampu membuat pengunjung betah berlama-lama. Bagi pengunjung yang datang ke tempat ini pasti akan semakin betah karena menawarkan keindahan air terjunnya dan masih sejuk juga alamnya.

Curug malela terletak paling atas setelah curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir sampai Curug Pameungpeuk. Tidak heran, jika banyak wisatawan yang tertarik ingin datang ke curug malela ini karena menawarkan keindahan yang luar biasa. Sebagai salah satu wisata yang hits di daerah Bandung Barat, Curug Malela memiliki daya tarik wisata yang membuatnya diminati wisatawan. Inilah daya tarik dari air terjun atau curug Malela yaitu:

  1. Pesona air terjun

Siapa sih yang tidak terpukau dengan keindahan yang ada di air terjun Malela. Air terjun ini memiliki arus dan aliran yang cukup deras. Selain itu, air yang ada di tempat ini sangat jernih, sehingga arusnya terlihat jernih juga. Udara di sekitar nya pun sejuk sehingga membuat semakin mempesona.

  • Spot foto

Salah satu daya tarik yang ada di kawasan curug malela adalah adanya spot foto yang menarik. Di air terjun ini terdapat Plaza Curug Malela yang menjadi kawasan untuk berfoto bersama keluarga, teman atau melakukan selfie dengan latar belakang yang bagus.

  • Fasilitas lengkap

Kenyamanan para pengunjung dapat terjamin di kawasan wisata curung malela karena banyak fasilitas yang ada di dalamnya. Beberapa fasilitas yang ada di curug malela adalah parkir yang luas, food court, area camping, jembatan, pedestrian dan lain-lain.

  • Kolam air terjun

Tersedia fasilitas kolam air terjun yang bisa digunakan sebagai tempat berenang yang lebih aman. Kolam yang memiliki kedalaman 1,5 meter ini dapat digunakan untuk berenang sambil menikmati pemandangan yang indah di curug malela.

  • Harga tiket terjangkau

Curuh malela menjadi pilihan tempat wisata yang memiliki tiket masuk dengan harga terjangkau. Hal ini cocok bagi anda yang lagi mencari tempat wisata murah meriah namun tetap menyenangkan untuk dikunjungi.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Air Terjun Malela

Air terjun atau curug malela memiliki aliran air yang berasal dari pegunungan Kendeng sehingga tidak heran jika aliran airnnya sangat bening. Menariknya terdapat 5 air terjun yang berada di kawasan curug malela. Sehingga bisa melihat lebih dari 1 aliran air terjun yang menawan bisa anda nikmati. Setiap air terjun di curug malela ini memiliki aliran air dengan debit air cukup deras. Aliran yang cukup deras di air terjun malela ini membuat para wisatawan harus lebih waspada saat sedang berada di kawasan ini. Keindahan air terjun akan membuat pengunjung terkesima.

Menghabiskan waktu liburan di curug malela merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, ada banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke tempat ini. Pastinya anda juga tidak akan bosan untuk berwisata ke tempat tersebut. Inilah aktivitas yang dapat dilakukan di air terjun Malela yaitu:

  1. Bermain air

Wisata air terjun memang selalu identik dengan bermain air, meskipun curug malela ini memiliki aliran yang cukup deras namun air terjun ini memiliki kedalaman yang dangkal. Pengunjung bisa duduk santai sambil merendam kaki saat berkunjung ke tempat ini. Namun meskipun dangkal harus tetap waspada saat sedang bermain air terjun. Pastikan untuk melihat situasi dan kondisi terlbih dahulu saat ingin bermain air di kawasan ini. Jika di lihat debit dan aliran cukup deras, sangat disarankan untuk tidak bermain air terlebih dahulu.

  • Berfoto ria

Siapa nih yang suka selfie atau berfoto setiap kali pergi liburan, curug malela adalah pilihan wisata yang tepat jika ingin mengunjungi tempat yang instagrameble. Di kawasan ini, terdapat pepohonan yang indah dan pemandangan sungai menawan. Terdapat beberapa spot menarik yang bisa anda jadikan latar belakang untuk berfoto.

  • Berkemah

Wisata curug malela juga menyediakan fasilitas untuk para pengunjung agar bisa melakukan kegiatan berkemah di kawasan tersebut. Berkemah bersama keluarga atau teman dekat adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi, saat anda sedang berkemah di kawasan curug malela yang terkenal dengan keindahan yang memukau.

Pengunjung tidak perlu khawatir saat berkemah di curug malela karena pihak pengelola menjamin keamanan anda saat melakukan camping di kawasan tersebut. Menikmati pemandangan indah sambil berkemah bisa menjadi salah satu solusi yang bagus untuk anda saat berkunjung ke curug malela.

  • Berburu kuliner

Curug malela tidak hanya dikenal dengan pemandangannya yang memukau. Pengunjung juga bisa melakukan wisata kuliner dengan mencoba berbagai jajaran dan makanan yang bisa anda beli di sekitar wilayah daerah wisata tersebut. Menikmati pemandangan alam di wisata ini menjadi semakin menyenangkan sambil menikmati sajian makanan dan minuman yang lezat.

  • Piknik

Di curug malela juga pengunjung bisa melakukan piknik di alam terbuka, anda bisa berkemah sambil menikmati pemandangan curug malela. Di kawasan wisata ini tersedia area yang dapat digunakan untuk piknik bersama keluar atau teman terdekat.

Itulah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan saat berkunjung ke air terjun malela, anda bisa persiapkan buget untuk liburan ke tempat wisata tersebut. Namun, harga yang ditawarkan tempat wisata ini pun cukup terjangkau dan tidak membuat dompet anda jebol.

Baca Juga : Keindahan Air Terjun Mandi Angin di Mukomuko Bengkulu

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *