Keindahan Air Terjun Mandi Angin di Mukomuko Bengkulu

Keindahan Air Terjun Mandi Angin di Mukomuko Bengkulu

EARTHIANOS – Air terjun seringkali menjadi destinasi liburan yang menarik bagi pecinta alam. Suasananya yang menyejukan mampu membawa ketenangan bagi pikiran kita. Salah satu destinasi wisata air terjun yang menarik di Bengkulu adalah air terjun Manding Angin. Keindahannya begitu memikat dan menyejukan. Jika berada dalam jarakn 50 meter dari titik jatuh air, pakaian akan basah oleh semprotan air yang terbawa angina, seolah sedang menikmati mandi uap air.

Berkunjung ke Bengkulu akan terasa kurang lengkap tanpa mengunjungi destinasi wisata satu ini. Lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya, tepatnya di kawasan Hutan Produksi Terbatas di desa Air Berau, Kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari kota Mukomuko untuk sampai ke sana. Setelah itu, perlu berjalan kaki sekitar 10 hingga 15 mnit ke bawah air terjun.

Air terjun Mandi Angin merupakan salah satu air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu, dengan ketinggian mencapai 80 meter. Airnya yang sejuk dan jernih menjadikannya tempat yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Perjalanan menuju air terjun ini akan melintasi jalanan koral dan jalan tanah kuning. Meskipun perjalanan cukup jauh dan melelahkan, keindahan yang menakjubkan pasti akan menghampiri setibanya di lokasi tersebut.

Daya Tarik Keindahan Air Terjun Mandi Angina di Mukomuko Bengkulu

Untuk mengisi liburan tidak ada salahnya pergi ke tempat wisata alam seperti ke air terjun untuk menenangkan pikiran atas kepenatan di perkotaan. Anda bisa menikmati pemandangan air terjun yang begitu menakjubkan serta udara yang masih sejuk. Air terjun mandi angin menjadi salah satu tempat wisata air terjun di Bengkulu yang bisa dikunjungi karena memiliki daya tarik yang begitu luar biasa. Untuk itu, inilah daya tarik dari air terjun mandi angin Bengkulu yaitu:

  1. Menjadi air terjun tertinggi di Mukomuko Bengkulu

Air terjun Mandi angin ini merupakan air terjun tertinggi di Mukomuko Bengkulu, bahkan bisa dikatakan tertinggi di Bengkulu. Pasal air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 80 meter. Untuk datang ke air terjun ini pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman karena akan melintasi koral dan jalan tanah kuning yang cukup terjal. Namun, kesulitan di perjalanannya akan terbayarkan dengan keindahan dari air terjun ini.

  • Rute menuju air terjun mandi angin

Untuk bisa menuju lokasi air terjun mandi angin ini, dari kota Mukomuko berjarak kurang lebih 70 meter ke arah Kota Ipuh. Dari jalan lintas barat Sumatera desar Air Berau masuk ke dalam kurang lebih 9 kilometer. Namun agar dapat sampai ke bawahnya air terjun Mandi Angin harus menempuh dengan jalan kaki kurang lebih 15 menit.

  • Menikmati keindahan air terjun Mandi Angin

Jika pengunjung sudah sampai ke bawah air terjun Mandi Angin akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah, sejuk, hijau dan asri. Suara gemuruh air terjun tiada henti menyatu dengan alam sekitar yang nyaman. Sehingga sangat cocok sekali bagi anda yang ingin benar-benar mencari ketenangan karena kepenatan rutinas pekerjaan atau kepenatan suara bising perkotaan.

  • Asal usul nama air terjun Mandi Angin

Dinamakan air terjun Mandi Angin, konon katanya air terjun ini apabila berjarak dekat sekitar 50 meter dari titik jatuh air terjun ini, akan seperti ada mandi uap dimana pakaian pengunjung akan basah. Makanya air terjun ini dinamakan Mandi Angin. Karena, nama uniknya inilah menjadikan wisatawan dari berbagai daerah penasaran ingin berkunjung ke air terjun ini.

  • Masih asri

Air terjun Mandi Angin masih asri karena berada di dalam hutan selain itu pemandangan alamnya pun masih terjaga. Sehingga para pengunjung yang datang ke tempat ini harus benar-benar menjaganya, jangan membuang sampah sembarangan dan selalu jaga alam dan lingkungan sekitar.

Tips Liburan ke Air Terjun Mandi Angin agar Tetap Aman

Pada saat pergi liburan ke air terjun khusunya air terjun mandi angina, jangan lupa utamakan faktor keselamatan. Sebelum berlibur bisa ketahui terlebih dahulu tipsnya. Pada saat musim hujan memang bisa membatasi setiap orang untuk mengunjungi wisata alam. Curah hujan yang tinggi sangat berpotensi menimbulkan banjir. Terutama jika mengunjungi air terjun. Namun, bukan berarti tidak boleh pergi berlibur. Akan tetapi, anda bisa mengunjungi air terjun dengan aman jika melakukan persiapan yang matang. Untuk itu, disini akan disebutkan tips liburan ke air terjun mandi angin agar tetap aman yaitu:

  1. Pergi saat cuaca cerah

Salah satu tips aman mengunjungi wisata air terjun adalah dengan memastikan cuaca cerah saat berangkat. Jika cuacanya sedang mendung bahkan turun hujan, sebaiknya ditunda terlebih dahulu. Pasalnya, menempuh perjalanan saat hujan sangat beresiko karena jalanan menjadi linci dan rawan longsor.

Sebaiknya, lihatlah kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk pergi ke wisata air terjun seperti ke air terjun mandi angin. Kondisi ini dikhawatirkan dapat memicu debit air tinggi dan membahayakan keselamatan para pengunjung.

  • Berangkat pagi

Tips aman selanjutnya mengunjungi tempat wisata air terjun adalah dengan berangkat saat pagi hari. Hal ini dapat meminimalisir resiko hujan, dimana biasanya hujan turun saat siang hingga sore hari. Dengan datang lebih awal, anda juga tidak akan tergesa-gesa dalam perjalanan.

Selain itu, anda juga memiliki waktu yang lama untuk bermain di air terjun. Sehingga, hasrat liburan pun bisa terpenuhi dan lebih tenang dalam menikmati moment.

  • Membawa payung dan jas hujan

Pada saat berkunjung ke air terjun jangan lupa untuk membawa payung dan jas hujang. Hal ini dilakukan dikhawatirkan jika hujan tiba-tiba datang. Pastikan selalu siapkan peralatan tersebut. Membawa peralatan untuk keamanan diri merupakan barang wajib saat eprgi liburan, pasalnya kita tidak tahu apaka cuaca selalu cerah. Jadi jangan sampai lupa membawa payung dan jas hujan.

  • Pilih lokasi dengan akses mudah dan aman

Musim penghujan bisa menimbulkan resiko bencana alam seperti tanah longsor. Terlebih, jika wisata air terjun tersebut berada di daerah lereang pegunungan dengan akses yang cukup sulit. Maka, penting sekali untuk memiliki lokasi air terjun dengan akses yang mudah dijangkau dan relatif aman. Air terjun mandi angin juga memiliki lokasi dan rute yang cukup aman bagi wisatawan.

  • Hindari air terjun saat sedang aliran deras

Pada saat berkunjung ke air terjun sebaiknya untuk hindari air terjun saat sedang aliran deras, hal ini untuk menjaga keselamatan anda saat liburan. Jangan sampai hal-hal yang tidak di inginkan terjadi.

Itulah beberapa tips pergi ke air terjun agar tetap aman, pastikan juga pengunjung untuk mempersiapkannya sebelum berangkat berlibur. Namun, air terjun mandi angin ini menjadi salah satu air terjun yang populer dan banyak dikunjungi karena keindahan dan kesejukannya udaranya.

Baca Juga : Menikmati Keindahan Di Air Terjun Citambur Cianjur Selatan

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *