Menikmati Keindahan  Di Air Terjun Citambur Cianjur Selatan

Menikmati Keindahan Di Air Terjun Citambur Cianjur Selatan

EARTHIANOS – Air terjun Citambur yang berada di Cianjur Selatan, Jawa Barat, merupakan destinasi wisata air terjun yang menawarkan keindahan alam dan ketenangan bagi para pengunjung. Dengan tiket masuk yang murah seharga 10 rubu per orang dan biaya parkir 5 ribu per kendaraan, tempat ini sangat terjangkau untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkannya. Tempat wisata ini pun sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti warung, toilet, dan camping ground sehingga para pengunjung bisa menikmati kenyamanan selama berada di tempat wisata ini.

Selain itu, ada juga fasilitas outbound dan spot foto dengan biaya tambahan 5 ribu untuk sekali coba yang akan menambah keseruan liburan anda. Keindahan air terjun Citambur ini tidak hanya memanjakan mata namun juga menawarkan tempa yang ideal untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk kota. Bagi orang-orang introvert, tempat ini sangat cocok sekali untuk dikunjungi baik sendirian atau bersama teman atau keluarga. Suasananya begitu sejuk dan ekstetik menjadikan air terjun citambur tempat paling sempurna untuk berfoto.

Pengunjung juga diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan demi mempertahankan keasrian tempat wisata tersebut. Selain itu, berhati-hatilah selama berkunjung agar tidak terjatuh, terutama di sekitar air terjun yang licin. Dengan lokasi yang strategis di air terjun Citambur, wisata alam ini siap menyambut anda untuk menikmati keindahan alam dan ketenangan yang ditawarkan. Anda bisa menikmati pengalaman yang menyenangkan di air terjun Citambur.

Fakta Menarik Tentang Air Terjun Citambur Cianjur Selatan

Air terjun atau Curug Citambur merupakan salah satu tempat wisata di daerah Cianjur Selatan yang begitu terkenal dengan keindahan alam serta kemegahan air terjun dengan tinggi ratusan meter. Air terjun ini sebenarnya telah menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Kabupaten Cianjur dari sejak lama. Tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Barat bahkan luar Jawa Barat. Air terjun terbaik ini berlokasi di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Curug Citambur juga sempat viral di media sosial setelah beredar cerita yang menyebut adanya sebuah rumah kayu di sekitar curug Citambur yang sempat ditawar 2,5 miliar. Rumah kayu tersebut diketahui memiliki pemandangan begitu asir dan indah yang menghadap langsung ke air terjun tersebut. Diketahui pemilik dari rumah kayu tersebut adalah abah Jajang yang sudah menetap selama 73 tahun lamanya di tempat tersebut.

Banyak orang yang mengunjungi rumah abah Jajang bahkan sampai ada yang mendirikan tenda di halaman rumah kayu tersebut karena memiliki pemandangan yang asri dan sejuk dari curug Citambur. Keindahan akan pemandangan umah abah Jajang rupanya mendatangkan sejumlah orang bahkan dari luar negeri untuk membeli rumah tersebut. Tidak tanggung-tanggung, rumah tempo dulu tersebut ditaksir sampai miliaran rupiah namun ditolak oleh abah Jajang.

Selain cerita rumah abang jajah, ternyata ada beberapa fakata menarik seputar air terjun Citambur. Untuk itu, inilah beberapa fakta seputar curug citambur yang dapat diketahui yaitu:

  1. Asal mula nama curug citambur

Dinamakan curug citambur karena suara air terjun dari curug tersebut terdengar seperti alat music tambur. Hal ini karena jatuhan air tersebut langsung menghantam bebatuan yang ada di bawahnya. Besarnya debit air yang menghantam permukaan sungai di bawahnya pun membuat air terjun ini selalu diselimuti kabut tipis.

  • Memiliki tiga undakan air terjun

Curug citambur memiliki tiga undakan atau tingkatan air terjun, pertama setinggi 118 meter dan tingkatan kedua serta ketiga kurang lebih setinggi 12 meter. Kurang lebih curug citambur ini berada di ketinggian 1400 mdpl dengan jatuhan air terjun dari ketinggian tebing pertama setinggi 100 meter.

Meski terlihat asir dan sejuk, sebaikna ketika berkunjung ke air terjun Citambur ini untuk tidak mandi di bawahnya karena derasnya air dan curamnya tebing yang bisa sangat berbahaya.

  • Ada rawa berair jernih

Tidak hanya menyuguhkan keindahan akan air terjunnya, curug Citambur pun memiliki rawa berair jernih yang bisa digunakan baik untuk sekedar bermain air maupun memancing. Anda juga bisa menikmati kemurnian air di rawa tersebut dengan menggunakan perahu yang sudah disediakan oleh pengelola curug.

  • Tempat pemandian prabu

Curug citambur juga tidak lepas dari cerita sejarah di dalamnya, berdasarnya cerita rakyat, dulu curug citambur merupakan tempat pemandian Prabu Tanjung Anginan, Raja Kerajaan Tanjung Anginan yang menguasai wilayah tersebut.

Menurut warga sekitar terdapat batu yang tampak seperti kursi diyakini warga sebagai tempat duduk raja.

Daya Tarik Air Terjun Citambur Cianjur Selatan

Air terjun Citambur ini cukup istimewa karena ketinggiannya kurang lebih 130 meter. Keindahan curug citambur ini semakin istimewa karena kawasan di sekelilingnya masih alami. Maka, sangat cocok sekali bagi anda yang ingin healing menghilangkan kepenatan atas lelahnya bekerja atau bisingnya perkotaan. Suasana di sekitar curug citambur ini begitu tenang, masih asri dan sangat sejuk juga. Siapa pun yang datang ke sana akan betah untuk berlama-lama menikmati keindahan air terjun tersebut.

Untuk harga tiket masuknya tergolong murah, hanya 10 ribu per orang. Namun, harga tiket masuk ini kapan pun bisa berubah tergantung kebijakan para pengelolanya. Curug citambur ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan karena keindahannya. Apalagi, kawasan wisata yang dipromosikan tahun 2014 ini telah dilengkapi dengan fasilitas dan penginapan. Sehingga, wisatawan yang datang ke sana pun tidak akan kesulitan.

Untuk rute curug citambur ini, jika dari pusat kota Cianjur sekitar 32 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam. Perjalanan, anda bisa melalui Mekar saris, namun kondisi jalan belum memadai karena jalan belum diaspal ulang. Namun mobil dan motor bisa masuk menuju tempat wisata dan tersedia area parkir yang luas.

Curug citambur ini memiliki daya tarik tersendiri, dimana memiliki ketinggian sekitar 130 meter, air terjun ini terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu pertama memiliki ketinggian 12 meter. Sementara tingkatan kedua dengan ketinggian 116 meter dan tingkatan ketiga paling atas dengan ketinggian dua meter.

Air terjun Citambur memiliki debit air besar, terlebih saat musim hujan dan terkenal memiliki suhu yang cukup dingin. Karena, air terjun ini berada di ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut. Itulah sebabnya air terjun ini selalu diselimuti kabut tipis. Para wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan dari air terjun ini, namun ada sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar air terjun ini.

Para wisatawan bisa mandi juga disekitar air terjun Citambur namun harus tetap berhati-hati karena airnya cukup deras dan selalu hormati aturan yang sudah ditetapkan. Air terjun ini memiliki pemandangan yang luar biasa, setiap pengunjung yang datang ke tempat wisata ini pasti akan merasa betah dan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Baca Juga : Proses Terbentuknya Air Terjun Keindahan Indonesia Secara Alami

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *