Layak Dikunjungi! Inilah List Pantai Terindah di Jawa Barat

Layak Dikunjungi! Inilah List Pantai Terindah di Jawa Barat

EARTHIANOS – Pantai terindah telah menjadi salah satu tempat favorit di Indonesia yang banyak orang jadikan sebagai destinasi wisata terbaik. Selain itu, di negara kita juga banyak sekali pantai yang tersebar di seluruh wilayah dari ujung barat sampai ke ujung timur. Beberapa pantai yang mempunyai keindahan alam memukau terdapat provinsi Jawa Barat.

Jawa Barat sendiri merupakan salah satu provinsi atau wilayah yang terkenal dengan pegunungannya sekaligus memiliki udara yang sejuk. Namun selain pegunungan, tentu saja beberapa pantai indah juga bisa Anda temukan di Jawa Barat yang tentunya memiliki panorama yang indah dan mungkin bisa menjadi destinasi wisata terbaik buat Anda yang ingin healing.

Terlebih lagi, kebanyakan pantai indah yang ada di provinsi Jabar biasanya lebih banyak terdapat di wilayah selatan atau disebut juga dengan julukan pantai selatan. Meskipun ada pula sebagian pantai lain yang berada di utara Jawa, tepatnya di bibir pantai laut Jawa yang juga memiliki ciri khas serta keindahan alam yang mengesankan.

Jadi, jika Anda kebetulan berada di Jawa Barat khususnya beberapa tempat atau daerah yang dekat dengan pantai. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk berkunjung ke beberapa pantai terbaik dan terindah yang ada di sana. Sebab, berwisata ke pantai akan memberikan pengalaman begitu luar biasa sekaligus menjadi momen paling menyenangkan.

Beberapa Daftar Pantai Terindah di Jawa Barat yang Layak Dikunjungi

Sama seperti di beberapa daerah lain, Jawa Barat juga mempunyai pantai terindah yang menarik disertai dengan keindahan alam yang sangat memukau. Pantai terindah di Jawa Barat umumnya sangat terkenal karena memiliki ombak yang besar yang tentunya sangat khas dengan karakteristik laut Samudera Hindia.

Tak hanya itu, bahkan beberapa pantai terindah yang ada di wilayah Jabar juga sudah menjadi tempat wisata bahari yang sangat terkenal. Tidak hanya banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari Jawa Barat. Namun juga dari beberapa wilayah lain, bahkan juga hingga terkenal ke mancanegara. Lebih lengkapnya, inilah beberapa daftar pantai terindah di Jawa Barat yang layak untuk Anda kunjungi.

Pantai Pangandaran

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Pangandaran, salah satu pantai yang ada di Jawa Barat ini. Sangat terkenal sebagai destinasi wisata bahari yang menarik. Hal paling unik dari Pantai Pangandaran ini ialah memiliki banyak spot pantai lain karena luas wilayahnya yang sangat luas. Apalagi keunikannya di pantai ini, Anda bisa menyaksikan kapal laut besar yang karam. Dimana bangkai kapal tersebut disinyalir adalah kapal milik negara asing yang dulu sempat ingin melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah perairan pangandaran.

Tak hanya itu, pantai ini juga menyajikan berbagai spot untuk para wisatawan melakukan berbagai aktivitas yang sangat menarik. Misalnya, dengan deburan ombak yang besar di sebagian pantainya, tentu sangat cocok dijadikan tempat untuk berselancar. Berenang di pantai ini juga sangat mendukung karena ombaknya relatif sedang dan semakin indah. Dengan dekorasi pasir pantai berwarna coklat gelap di bagian atasnya. Sementara di bibir pantainya berwarna putih dengan air laut yang kebiruan.

Pantai Pameungpeuk

Karakteristik Pantai Pameungpeuk ini tidak berbeda jauh dengan Pantai Pangandaran yang mempunyai ombak yang relatif besar serta terdapat beberapa banyak spot pantai unik lainnya. Pantai Pameungpeuk sendiri berada di wilayah Garut Selatan di mana selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah.

Jika Anda melakukan keberangkatan dari pusat Kota Garut. Untuk sampai ke lokasi Pantai Pameungpeuk dibutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 3 jam. Di pantai ini, Anda bisa bermain air seperti berenang di tepi pantai, memancing ikan, bahkan juga bisa berselancar di spot-spot tertentu yang memiliki air laut dengan ombak besar.

Pantai Ranca Buaya

Bagi anda yang menginginkan pantai terindah dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Tentunya Ranca Buaya bisa menjadi salah satu tempat paling layak untuk Anda kunjungi. Berada di selatan Garut, pantai ini juga menjadi alternatif lain selain Pameungpeuk yang juga menyuguhkan pesona alam yang luar biasa.

Berbeda dengan Pantai Pameungpeuk, di Pantai Ranca Buaya ini Anda bisa melihat banyak terumbu karang. Tidak seperti pantai lain yang biasanya memiliki pasir dengan warna-warna menarik. DiPantai Ranca Buaya terdapat banyak bebatuan yang tentu sangat unik karena menambah keindahan pemandangannya. Sehingga bisa dijadikan spot foto yang dijamin instagramable. 

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai selatan memang terkenal sangat indah dan unik. Selain Pangandaran dan Pameungpeuk, Pantai Pelabuhan Ratu yang berada di Kabupaten Sukabumi juga menjadi salah satu pantai terindah di Provinsi Jabar. Di balik keindahan alamnya yang memukau, pantai ini sangat erat dengan cerita mitos yang terkenal di kalangan masyarakat sekitar. Konon, Pantai Pelabuhan Ratu dipercaya sebagai tempat tinggal Ratu Pantai Selatan yang Bernama Nyi Roro Kidul.

Terlepas dari ceritanya, pantai ini bagi kalangan wisatawan menjadi tempat terbaik yang menarik untuk disambangi. Namun, meski memiliki keindahan alam yang sungguh luar biasa. Anda yang mengunjungi pantai ini juga tetap harus berhati-hati karena ombaknya yang relatif sangat besar. Selain itu, ada banyak pula spot-spot unik di pantai ini yang bisa Anda manfaatkan untuk menikmati keindahan alam serta melakukan kegiatan fotografi dengan latar yang indah dan bagus.

Pantai Tanjung Pakis

Berbeda dengan keempat pantai sebelumnya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia atau berada di wilayah selatan. Pantai Tanjung Pakis merupakan pantai yang berbatasan dengan laut Jawa atau lebih tepatnya di bagian utara. Pantai Tanjung Pakis yang berada di Kabupaten Karawang ini mungkin jarang terekspos. Namun siapa sangka bahwa pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan mempesona sehingga layak untuk dikunjungi.

Selain itu, ciri khas Pantai Tanjung Pakis ialah mempunyai ombak yang relatif kecil. Apalagi ketika anda berada langsung di sana seolah merasakan tidak adanya ombak. Makanya, tidak heran bilamana pantai ini menjadi salah satu pantai teraman yang layak dikunjungi oleh para pelancong.

Apalagi Pantai Tanjung Pakis juga memiliki pasir pantai yang berwarna kecoklatan dengan air laut jernih namun tidak berwarna biru seperti beberapa pantai lain pada umumnya. Ketika anda mengunjungi Pantai Tanjung Pakis, anda juga bisa menjajal wisata kuliner yang sangat khas dan lezat. Yang biasanya terdiri dari makanan hewan laut seperti bandeng bakar, cumi sambal manis, dan masih banyak lagi.

Nah, itu tadi beberapa daftar pantai terindah yang ada di Jawa Barat di mana sangat direkomendasikan untuk Anda jadikan sebagai destinasi wisata bahari terbaik. Dengan ke beberapa pantai yang ada di Jawa Barat, tentunya akan menjadi momen paling menyenangkan berkunjung yang bisa Anda dapatkan dan mungkin belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

Baca Juga : Mengeksplorasi Keindahan Jejak Prasejarah di Gua Bloyot

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *