Lokasi Wisata yang Menarik di Taman Nasional Gunung Leuser

Lokasi Wisata yang Menarik di Taman Nasional Gunung Leuser

EARTHIANOS – Taman Nasional Gunung Leuser adalah salah satu taman nasional di Indonesia dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia. Berada di Provinsi Aceh dengan luas sekitar 1.094.692 hetran dan secara administratif mencakup beberapa kabupaten di Aceh dan juga Sumatera Utara. Tepatnya di Aceh, wilayahnya sendiri mencakup Aceh Selatan. Kemudian Kabupaten Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Gayo Lues, Bener Meriah hingga Aceh Tamiang.

Sedangkan untuk wilayah Sumatera Utara, adalah tempat dimana wisata Gunung Leuser berada. Mencakup Kabupaten Langkat, Karo dan juga Dairi. Wisata Nasional Gunung Leuser atau biasa juga disebut dengan TNGL, menjadi daerah gunung dengan memiliki beberapa flora dan juga fauna langka. Sering juga disebut sebagai surga terakhir untuk beberapa satwa yang terancam punah. Mulai dari harimau Sumatera , hingga badak Sumatera  dan juga orangutan.

Selain itu, Wisata Nasional Gunung Leuser juga menjadi destinasi wisata sangat favorit. Baik itu untuk wisatawan lokal atau bahkan mancanegara. Selain itu, Wisata Nasional Gunung Leuser ini sangat patut untuk dijaga kelestariannya. Banyak aktivitas bisa dilakukan di dalamnya, dan ada beberapa lokasi wisata yang memang bisa kamu kunjungi.

Beberapa Lokasi Wisata yang Bisa Dikunjungi Saat Ke Taman Nasional Gunung Leuser

Lokasi wisata dan destinasi wisata yang dimiliki oleh Wisata Nasional Gunung Leuser, tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri. Tidak heran jika taman nasional ini menjadi salah satu taman nasional terbaik, juga favorit di Indonesia. Lalu, apa saja lokasi wisata tersebut:

Lawe Gurah

Lokasi wisata pertama yang dapat kamu kunjungi di Wisata  Nasional Gunung Leuser letaknya ada di Desa Ketambe. Lebih tepatnya lagi di Kecamatan Ketambe Kabupaten Aceh Tenggara Aceh. Jika berangkat dari Medan, maka kamu bisa sampai ke lokasi ini dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Lawe Gurah ini cukup banyak. Mulai dari arung jeram, mandi di air panas, camping ground, trekking pada kawasan hutan dan bahkan juga melakukan relaksasi sungai.

Tangkahan

Tangkahan, menjadi salah satu lokasi wisata di Gunung Leuser yang ternyata banyak menarik pada pengunjung. Lokasi wisata ini pun berada tepat di Kabupaten Langkat Di Tangkahan sendiri, kamu dapat menyaksikan aktivitas gajah Sumatera . Mulai dari aktivitas memandikan gajah, hingga melakukan patroli. Gajah Sumatera  bahkan menjadi satwa yang terancam akan punah.

Kamu juga dapat melakukan trekking hutan, melakukan river tubing, hingga mandi air terjun yang airnya masih jernih. Bagi kamu pencinta alam, Wisata Nasional Gunung Leuser ini akan sangat cocok untuk dikunjungi.

Sungai Alas

Sungai Alas bisa disebut sebagai sungai terpanjang yang ada di Aceh, terkenal dengan aktivitas arung jeram. Tapi sebelumnya kamu harus memiliki pengalaman terlebih dahulu, karena arung jeram di lokasi wisata ini memiliki geombang yang tinggi. Yakni mencapai 2 meter dengan belokan yang cukup tajam, apalagi bagi kamu yang masih pemula. Mungkin akan sedikit shock.

Kedah

Kedah adalah salah satu lokasi yang ada di Wisata Nasional Gunung Leuser, lebih tepatnya ada di Desa Penosan Sepakat. Kecamatan Blangjerang Kabupaten Gayo Lues Aceh. Untuk bisa mencapai ke Kedah, kamu harus menempuh jarak sekitar 12 jam jika perjalanan dimulai dari Medan. Dan tentu saja bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum, atau bisa juga menggunakan kendaraan pribadi.

Kedah sendiri tempat dan basecamp bagi pendaki Gunung Leuser, dan dari Kedah kamu bisa menikmati indahnya panorama yang disajikan secara langsung.

Bukit Lawang

Berdasarkan letak geografisnya, Bukit Lawang ini terletak di Bahorok Langkat Sumatera Utara. Dan Bukit Lawang jadi salah satu lokas wisata dari Taman Nasional Gunung Leuser. Banyak didatangi oleh karena aksesnya yang sangat gampang. Kamu bisa menggunakan jalur darat, serta keberangkatan dari Medan melalui Binjai dan masuk langsung ke Kabupaten Langkat.

Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Bukit Lawng ini, seperti dengan Jungle Trekking, River Trip, Tubbing dan bahkan Caving dan juga Camping. Aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan menyewa jasa pemandu yang sudah ada. Kamu juga bisa dengan gampang memilih tempat bermalam, sebab sudah banyak homestay serta penginapan tersedia.

Di Bukit Lawang sendiri, kamu bisa melihat satwa seperti orangutan hingga primata lainnya. Tapi harus diingat, bahwa jangan pernah memberikan makan pada satwa. Guna menjaga sifat liat dari hewan itu sendiri.

Sejarah dari Taman Nasional Gunung Leuser

Jika dilihat dari sejarahnya, Taman Nasional Gunung Leuser ini bisa ditelusuri sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda. Berdasarkan pada website resmi Pemerintahan Aceh Tenggara. Tepat di tahun 1920an FC Van Heum yang seorang ahli Belanda. Melakukan usulan kawasan ini untuk dijadikan sebagai kawasan konservasi. Lalu kemudian ditetapkan dengan nama Leuser Natuurreservaat.

Berikutnya di tahun 1980, Pemerintah Indonesia meresmikan Wisata Nasional Gunung Leuser menjadi salah satu dari lima kawasan suaka alam. Bahkan tidak berhenti dari situ saja, di tahun 2004 pun Wisata Nasional Gunung Leuser jadi salah satu bagian dari Tropical Rainforest Heritage of Sumatera  atau disebut dengan TRHS. Hal tersebut ditetapkan oleh UNESCO, sebagai Situs Warisan Dunia yang terdiri dari tiga taman nasional yang luas juga terpisah.

Flora dan Fauna Taman Nasional Gunung Leuser

Sebagaimana pada umumnya taman nasional yang ada di Indonesia, Wisata Nasional Gunung Leuser juga ternyata menjadi rumah bagi banyak spesies tumbuhan dan juga hewan. Untuk spesies tumbuhan sendiri, terdapat sekitar 4.000 spesies dan untuk faunanya sendiri lebih dari 84 spesies. Mulai dari hewan mamalia hingga burung.

Beberapa flora langka pun ada di Taman Nasional, mulai dari rafflesia arnoldii, pohon meranti hingga amorphophallus titanum yang biasa disebut dengan bunga bangkai. Sementara untuk hewan langkanya, Taman Nasional dapat ditemukan beberapa hewan langka. Mulai dari beruang madu, siaman, monyet ekor panjang, kambing hutan, harimau sumatera, badak sumatera, hingga macan tutul dan burung rangkong badak juga ada di taman nasional ini.

Bahkan Taman Nasional Gunung Leuser sendiri menjadi salah satu dari dua habitat yang tersisa untuk orangutan Sumatera. Taman Nasional adalah salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia, kekayaan alamnya harus dijaga dan tentu saja dilestarikan. Taman Nasional sendiri tidak hanya menyimpan nilai ekologis yang sangat bagus, tapi juga menyimpan nilai sosial, budaya dan bahkan pendidikan.

Ketika kamu mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuser, maka secara langsung akan belajar banyak terkait dengan keajaiban alam. Hingga kehidupan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Saat itu pun kamu bisa langsung berkontribusi, sebagai salah satu upaya konservasi sumber daya alam serta ekosistem yang dimiliki Indonesia.

Baca Juga : Keindahan Pantai Terindah di Aceh, Surga Wisata di Ujung Barat

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *