7 Spot Wisata Terbaik Untuk Kegiatan Eksplorasi Gua

7 Spot Wisata Terbaik Untuk Kegiatan Eksplorasi Gua

EARTHIANOS – Eksplorasi gua bisa menjadi kegiatan yang memberikan efek healing meskipun terlihat melelahkan dan menegangkan bagi sebagian orang. Memang benar kegiatan ini sebaiknya tidak dilakukan sembarangan terlebih jika gua yang ingin dikunjungi belum banyak terjamah manusia. Anda akan dipandu oleh pemandu profesional dan bergabung dengan yang lain membentuk tim eksplorasi agar perjalanan lebih aman dilakukan.

Indonesia sendiri punya banyak gua yang sudah aman untuk dijadikan destinasi wisata. Gua-gua tersebut dilindungi dan dijaga kelestariannya agar tidak mudah rusak. Melakukan kegiatan eksplorasi gua memberikan banyak dampak positif seperti meningkatkan kekuatan fisik, mengembangkan jiwa sosial, melatih keberanian, meningkatkan rasa cinta pada alam, serta membantu melestarikan lingkungan.

Kegiatan positif seperti eksplorasi gua akan aman dilakukan jika Anda senantiasa mengikuti arahan pemandu profesional. Setiap gua memiliki medan tempuh yang beragam. Ada yang harus ditempuh dengan menyusuri sungai, hutan belantara, hingga area bebatuan yang licin. Pastikan juga untuk menyiapkan perbekalan sesuai dengan yang dianjurkan pemandu baik itu perihal makanan ataupun peralatan safety.

7 Spot Terbaik Untuk Lakukan Eksplorasi Gua

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa. Tidak sulit mencari spot-spot yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata populer. Jika Anda terbiasa melancong ke berbagai tempat, tidak ada salahnya untuk mencoba pengalaman baru seperti berwisata dengan konsep eksplorasi gua. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pertimbangan Anda jika tertarik menelusuri gua-gua indah di Indonesia:

Gua Barat

Gua Barat berada di kawasan Kebumen, Jawa Tengah. Menariknya, gua ini belum sepenuhnya terjamah sehingga panjang gua diperkirakan jauh lebih dalam dari yang diketahui saat ini. Pesona lainnya yang dimiliki gua ini ialah adanya ratusan air terjun yang menghiasi sepanjang gua. Nama gua ini cukup ini dan diambil dari karakteristik angin kencang dari arah dalam yang menerpa mulut gua. Nah angin kencang ini dalam bahasa Jawa disebut angin barat. Selama perjalanan menyusuri gua, pemandu akan memberikan informasi mengenai sejarah gua. Untuk bisa sampai dilokasi, Anda harus menyusuri trek air. Berada di kawasan air, tidak heran jika banyak air terjun di dalam kawasan gua ini. Hal ini menambah pesona Gua Barat yang dapat menghilangkan rasa lelah perjalanan sebelumnya.

Gua Jatijajar

Destinasi selanjutnya untuk Anda bisa melakukan eksplorasi gua ialah Gua Jatijajar. Gua ini berlokasi di kawasan pegunungan kapur di sisi selatan Kecamatan Gombong, Kebumen. Gua ini merupakan salah satu destinasi wisata populer dan tidak pernah sepi pengunjung. Bisa dilihat dengan bagaimana kondisi di dalam gua yang terawat dan dilengkapi pencahayaan yang baik.

Menariknya, gua ini kabarnya berusia sudah sangat tua sehingga Anda akan menemukan berbagai logo fosil dinosaurus. Bahkan ada juga patung dinosaurus dalam ukuran raksasa yang bisa Anda lihat didalam kawasan gua. Baik logo fosil maupun patung dinosaurus tersebut memang buatan manusia yang dibuat dengan tujuan untuk menunjukkan pengunjung betapa usia gua sudah sangat tua. Stalaktit dan stalakmit menghiasi kawasan gua dalam bentuk yang beragam. Ada pula kolam yang menjadi sumber air didalam kawasan gua ini. Kabarnya aliran air ini tidak pernah kering sekalipun.

Gua Giri Putri

Keindahan Gua Giri Putru merupakan salah satu gua terbaik untuk melakukan eksplorasi gua yang juga menjadi salah satu situs suci dan wisata religi. Gua ini berada di Desa Karang Boma, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Kabarnya gua ini memiliki makna yang sangat penting dalam kepercayaan Hindu di Lombok. Banyak pemeluk Hindu yang melakukan ziarah ke gua ini untuk melakukan meditasi.

Uniknya gua ini terletak di sebuah tebing batu kapur yang menjulang. Untuk bisa mencapai kawasan gua, Anda akan melewati serangkaian tangga dan lorong sempit. Sepanjang kawasan gua ini dihiasi dengan berbagai ornamen serta patung terkait dengan ajaran Hindu. Ada juga area yang khusus digunakan sebagai tempat meditasi dan sembahyang umat Hindu. Keunikan lainnya dari gua ini ialah lokasinya yang dikelilingi pemandangan laut yang indah sekaligus pemandangan bukit yang hijau.

Gua Gong

Keindahan Gua ini berlokasi di kawasan Pacitan, Jawa Timur. Gua ini bahkan dinobatkan sebagai gua terpanjang dan terindah yang ada di kawasan Asia Tenggara. Panjang gua ini sekitar 1.300 meter dengan formasi batu kapur stalaktit, stalakmit, dan helektit yang luar biasa menakjubkan. Salah satu daya tarik gua ini adalah penamaannya yang memiliki asal muasal lucu. Ketika formasi bebatuan didalam gua dipukul, maka akan menghasilkan bunyi seperti gong. Dari situlah nama Gua Gong bermula.

Daya tarik lainnya dari gua ini ialah formasi didalamnya yang menyerupai berbagai bentuk seperti bentuk hewan, pohon, dan lainnya. Gua ini juga memiliki beberapa kamar dengan nama–nama unik seperti salah satunya yaitu Kamar Kristal.

Gua Tabuhan

Keindahan Gua Tabuhan merupakan destinasi kegiatan eksplorasi gua yang menarik karena keindahannya yang luar biasa. Berada di kawasan Pacitan, Jawa Timur, gua ini memiliki keunikan tersendiri dibanding gua-gua lainnya di Indonesia. Batuan didalam Gua Tabuhan dapat menghasilkan bunyi seperti gamelan ketika dipukul.

Menurut masyarakat setempat, gua ini konon dulunya merupakan tempat pertapaan Pangeran Diponegoro. Itulah mengapa dulu msyarakat menyebut gua ini dengan Gua Tapan. Serta gua ini bisa terbilang cukup populer karena banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Serta gua bisa disusuri dengan nyaman karena jalan atau pijakan kakinya cukup luas dan dalam kondisi bagus.

Gua Pindul

Gua Pindul berada di Desa Gelaran, Kecamatan Bejiharjo, Gunungkidul, Yogyakarta. Selain menelusuri gua, eksplorasi disini lebih seru karena Anda bisa menyusui sungai dengan cara river tubing. Anda akan mengapung diatas ban menyusuri sungai bawah tanah yang mengalir didalam akwasan gua. Memiliki panjang 350 meter dengan lebar sekitar 5-15 meter Anda akan dibawa untuk melihat berbagai stalaktit dan stalakmit dalam formasi yang indah.

Kondisi sungai disini masih sangat baik ditandai dengan warnanya yang biru kehijauan. Ditambah dengan suasana asri dari pepohonan disekitar kawasan gua menambah keindahan perjalanan eksplorasi gua kali ini. Sehingga gua ini memiliki arti yang mendalam bagi budaya masyarakat setempat dan Anda akan mengetahuinya dari pemandu yang memebrikan penjelasan nantinya.

Gua Batu Cermin

Gua ini sangat unik dan berlokasi di kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Nama Batu Cermin sendiri diambil dari fenomena alam dimana dinding gua memantulkan cahaya matahari yang masuk sehingga menciptakan pemandangan yang spektakuler di dalam kawasan gua. Gua ini bisa terbilang mudah untuk disusuri bahkan untuk yang tidak begitu berpengalaman dalam hal eksplorasi gua sekalipun. Anda dapat menyusuri jalur aman yang telah disediakan untuk bisa sampai ke dalam gua yang menyimpan berbagai fosil kuno, formasi geologi unik, serta fauna lokal.

Baca Juga : Nikmati Liburan Seru Keindahan Desa Wisata di Bandung

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *