Menikmati Keindahan Alam Lewat Agrowisata Yogyakarta

Menikmati Keindahan Alam Lewat Agrowisata Yogyakarta

EARTHIANOS – Berlibur dengan menikmati panorama alam merupakan salah satu pilihan terbaik apalagi kalau mengajak anak-anak agar bisa memperkenalkan alam sekitar. Ada beberapa pilihan daerah yang bisa kamu kunjungi mulai dari daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Yogyakarta. Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal memiliki agrowisata menarik untuk mendukung kamu dan keluarga liburan. Bagi yang bingung mau liburan ke mana coba kunjungi agrowisata Yogyakarta.

Agrowisata merupakan tempat rekreasi yang menghadirkan lahan pertanian, perkebunan, serta pemandangan alam dengan udara asri. Pengunjung tak hanya bisa melihat suasana yang baik tapi bisa pulang membawa ilmu karena pasti ada yang dipelajari dari tempat rekreasi tersebut. Oleh sebab itu, daerah agrowisata sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Di Yogyakarta masih banyak tempat pertanian maupun perkebunan yang masih berkembang hingga saat ini.

Daftar Agrowisata Yogyakarta Paling Asri

Bagi kalian yang ingin healing dan memanfaatkan waktu dengan mengunjungi tempat-tempat alam. Kamu bisa memilih Yogyakarta, ada beberapa pilihan wilayah yang menarik dan cocok dikunjungi, berikut ini daftar lengkapnya.

Sabila Farm

Sabila Farm merupakan kebun buah tropis yang ada di daerah Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Kamu dapat melihat keindahan Gunung Merapi dari perkebunan buah ini. Beroperasi sejak tahun 2005, tempat ini masih sangat terawat untuk kamu kunjungi saat ini. Kamu dapat mempelajari cara-cara bertani di tempat ini.

Apalagi objek wisata ini menyediakan berbagai buah dan sayuran. Jika bosan berlibur di Lembang Jawa Barat, coba rekreasi ke Sabila Farm di Kaliurang untuk mengetahui cara menanam srikaya, buah naga, jeruk, papaya, serta berbagai buah lainnya. Selain ada buah-buahan, di sini tersedia sayuran hingga bunga hal tersebut dapat menambah pengetahuan kamu terkait sayur dan buah. Sabila Farm memperkenalkan budidaya hortikultura hal ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mengikuti pelatihan maupun PKL.

Kebun Teh Nglinggo

Tak hanya Bandung saja yang punya kebun teh, Yogyakarta juga memiliki kebun teh Nglinggo. Tempat yang berada di dataran tinggi ini merupakan objek wisata terbaik untuk kamu yang sedang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak hanya itu saja, pengunjung dapat melihat hamparan kebun teh hingga main di air terjun Grojogan.

Di kawasan ini bisa ikut menikmati keseruan off road, tracking dengan keluarga, dan berfoto selfie sebagai kenang-kenangan kalau kamu sudah pernah ke tempat ini. Kebun teh nglinggo dapat dikunjungi setiap hari. Ketika datang ke sini, kamu akan melihat pemandangan 3 gunung yakni Merapi, Merbabu, dan Andong.

Bendhung Lepen

Bendhung Lepen adalah salah satu lokasi wisata yang cocok dikunjungi bersama dengan keluarga. Di tempat ini, pengunjung bisa belajar memancing sangat cocok untuk bawa anak-anak ke tempat ini. Sebelum menjadi tempat wisata ramai seperti saat ini, Bendhung Lepan dulunya saluran irigasi biasa. Namun di ubah menjadi tempat yang nyaman dan ditambah budidaya ikan.

Untuk masyarakat setempat yang mau datang ke tempat ini cukup ke daerah Mrican, di Giwangan Jogja. Kamu dapat mengajak keluarga untuk piknik, menikmati wahana, memperkenalkan ikan kea nak-anak, belajar memancing, dan kegiatan alam lainnya. Anak-anak akan nyaman kalau di bawa ke tempat seperti ini apalagi fasilitasnya lengkap.

Kampung Flory

Mau mengenal bagaimana cara budidaya tanaman hias, buah, hingga sayuran? Kamu harus datang ke Agrowisata Yogyakarta Kampung Flory di Sleman. Tempat ini merupakan pusat edukasi untuk mempelajari Flora di Yogyakarta. Terdapat berbagai zona seperti Zona Agro Buah, Zona Taruna Tani, Zona Bali Ndeso, serta Zona Desa Wisata.

Selama berkeliling, pengunjung dapat menggunakan sepeda ontel, andong, atau bisa juga berkemah bersama keluarga. Terdapat homestay serta pelatihan agribisnis untuk wisatawan yang mau mempelajari cara-cara pertanian.  Setelah berkeliling, kamu dapat membeli souvenir untuk dibagikan ke teman maupun keluarga. Terdapat 3 sektor yang diperkenalkan dalam kampung flory di antaranya perikanan, perkebunan, serta pertanian.

Hutan Pinus Mangunan

Tempat rekreasi untuk menikmati keindahan alam Indonesia di daerah Yogyakarta berikutnya adalah Hutan Pinus Mangunan. Terletak di daerah Bantul, Yogyakarta kamu dapat melihat flora berupa pohon kayu akasia, pinus, kayu putih, hingga mahoni. Kenyamanan tempat ini didukung dengan udara serta kesejukan alam apalagi ada berbagai fasilitas pendukung seperti mushola, kulineran, serta outbound.

Agromina Karangsari

Agromina Karangsari dapat menjadi pilihan terbaik kalau berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta karena lahan seluas 3 hektar ini telah diubah menjadi tempat wisata edukasi. Di sini, kamu dapat menikmati camping, susur sungai, outbound, ada homestay, hingga wahana pemancingan.

Tak hanya itu, Agromina Karangsari menghadirkan paket wisata edukasi mulai dari paket pertanian. Paket pertanian di Agromina Karangsari mengajak kamu belajar panen padi, bajak sawah, panen sayuran, menanam sayuran dan padi. Selain itu, ada paket perkebunan untuk pengunjung yang mau tahu cara budidaya buah salak.

Dalam sektor peternakan pun tersedia mulai dari beternak kerbau, kambing, sapi, memberi pakan hewan, hingga memandikan hewan. Kalau tidak tertarik dalam bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan, ada paket budaya. Kamu dapat mengunjungi tempat ini untuk belajar gamelan serta karawitan.

Bhumi Merapi

Agrowisata Yogyakarta berikutnya ada Bhumi Merapi, tempat ini dapat dijadikan pilihan terbaik untuk mempelajari cara mengolah susu menjadi yogurt, es krim, dan sebagainya. Kawasan seluas 5.2 hektare ini menghadirkan berbagai wisata edukasi dan spot foto menarik untuk pengunjung. Kamu dapat mengajak anak dan keluarga untuk mengenal dunia perkebunan serta peternakan.

Dengan tiket masuk hanya Rp 30.000 dan dibuka dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Kamu bisa mempelajari bagaimana kopi luwak dibuat, memerah susu kambing, hingga melihat pertanian hidroponik buah serta sayuran.

Desa Agrowisata Salak Bangunkerto

Berada di Kawasan Turi Sleman, tempat ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu berlibur. Lahan seluas 27 hektar ini dapat dikunjungi wisatawan untuk mempelajari berbagai jenis buah salak. Di sini terdapat berbagai budidaya salak seperti salak pondoh. Terdapat setidaknya 17 varietas salak di sini yang bisa kamu lihat cara panen hingga menanamnya. Akan ada pemandu yang ajak kamu berkeliling dan memperkenalkan buah salak di desa agrowisata salak Bangunkerto ini.

Kalau kamu tertarik mempelajari buah salak melalui agrowisata, kamu bisa juga mengunjungi tempat lain seperti Desa Agrowisata Salak Trumpon. Bahkan Daerah Istimewa Yogyakarta masih memiliki banyak tempat agrowisata yang bisa kamu kunjungi. Kalau pun mau belajar mengenai buah-buahan di daerah Yogyakarta masih banyak tempat yang dapat dipilih.

Kunjungi juga kebun buah Mangunan, agro Durian Banjaroya, taman buah Nglanggeran. Agrowisata dapat dimanfaatkan untuk mengajak anak-anak dan keluarga bermain sambil belajar. Mengenali keindahan Indonesia lewat agrowisata bisa menambah pengetahuan tentang alam serta sumber dayanya.

Baca Juga : 5 Tipe Keindahan Air Terjun Indonesia Bertingkat Paling Indah

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *