Gua Terindah yang Hanya Dimiliki Indonesia, Kamu Harus Tahu!

Gua Terindah yang Hanya Dimiliki Indonesia, Kamu Harus Tahu!

EARTHIANOS – Kamu sedang ingin liburan dengan suasana yang lebih menantang? Coba eksplor gua terindah yang ada di Indonesia, dipastikan menantang dan tentu saja menawarkan pemandangan indah yang sangat eksotis. Destinasi wisata di Indonesia memang sangat banyak, dari mulai pantai, danau, sungai, gunung, desa wisata dan bahkan juga gua bisa jadi salah satu referensi terbaik untuk mengisi waktu liburan.

Apalagi keindahan alam Indonesia tidak ada bandingannya, dan keindahan gua menjadi salah satu keindahan alam yang tidak semestinya kamu lewatkan. Pesona alam Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi, tidak hanya sekadar di permukaannya saja. Tapi keindahan alam Indonesia juga tampak sampai perut bumi. Yakni gua-gua. Terdapat banyak gua dengan terbentuk secara alami, bahkan juga menyimpan banyak cerita juga sejarah yang sangat seru untuk disimak.

Wisata gua terindah atau caving, menjadi salah satu alternatif seru dan menyenangkan untuk liburan kamu bersama dengan keluarga. Atau bahkan teman-teman. Terkhusus lagi bagi kamu yang memang memiliki adrenalin.

Deretan Gua Terindah yang Hanya Dimiliki Indonesia

Karena beberapa gua terindah yang ada di Indonesia harus ditempuh dengan melakukan trekking terlebih dahulu. Menggunakan tangga hingga batuan yang cukup terjal. Bahkan tidak jarang juga mengharuskan kamu untuk menyusuri sungai di dalam gua hingga menggunakan bantuan alat lain. Salah satunya menggunakan tali. Bagi kamu yang tertarik untuk berwisata ke gua dan memiliki adrenalin sangat besar, yuk langsung simak beberapa rekomendasi gua terindah di Indonesia. Pastikan untuk dapat mengunjunginya dan mendapatkan pengalaman yang tidak akan pernah kamu lupakan. Berikut gua terindah yang harus kamu kunjungi:

Gua Lokale

Gua terindah pertama yang ada di Indonesia dan bisa jadi referensi kamu untuk mengunjunginya, adalah Gua Lokale. Berada di tanah papua dan menawarkan wisata gua terindah yang memang patut untuk ditelusuri. Menjadi salah satu gua yang letaknya ada di Lembah Baliem Jayawijaya. Gua ini pun disebut sebagai gua terindah tanpa ujung. Sebab arkeolog sejauh ini baru mencapai kedalaman sampai 3 km saja. Sehingga sangat dimungkinkan bahwa panjangnya akan lebih dalam lagi. Di dalam gua terindah pun ada beberapa dinding yang berongga dan ketika diketuk, maka akan mengeluarkan suara yang bisa dibilang cukup unik. Berada tepat di kawasan pinus, udara di Gua Lokale ini sangat asri dan tentu saja amat sangat sejuk.

Gua Es Carstensz

Masih berada di ujung timur Indonesia, Gua Es Carstensz ini berada di Papua dan ternyata diselimuti dengan salju serta es yang abadi. Hal tersebut dapat terjadi karena letak dari Gua Es Carstensz sendiri ada di ketinggian yang sangat ekstrim. Dan jika kamu ada niat untuk mengunjunginya, harus mempersiapkan fisik serta mental. Karena medang yang dilalui memang cukup berat.

Gua Ergendang

Destinasi wisata gua selanjutnya adalah Gua Ergendang, pun tentu saja kamu harus mengunjungi tempat ini secara langsung. Berada di Sumatera Utara, tepatnya di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hilir Deli Serdang. Di tengah Gua Ergendang ini terdapat kolam pemandian air panas, yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk berendam atau juga untuk berendam sambil melihat indahnya stalaktit juga stalakmit yang menempel pada dinding langit guanya. Keindahan Gua Ergendang ini semakin bertambah dengan adanya pantulan sinar matahari yang langsung masuk ke dalam guanya.

Gua Batu Cermin

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa gua terindah kebanyakannya hadir di wilayah pulau Jawa, padahal nyatanya tidak demikian. Karena ada Gua Batu Cermin yang lokasinya ada di Pulau Flores. Menjadi salah satu destinasi wisata yang harus kamu eksplor langsung, dan sangat cocok ketika kamu sedang berwisata juga ke Labuan Bajo atau bahkan ke Pulau Flores.

Lokasinya sendiri berada tepat di Labuan Bajo Manggarai Barat Flores Nusa Tenggara Timur. Gua ini pun berlokasi tepat 4 km dari kota Labuan Bajo atau jika ditempuh berdasarkan waktu, maka akan menghabiskan waktu sekitar 15 hingga 25 menit saja. Dahulunya Gua Batu Cermin ini berada di bawah permukaan laut, tapi karena airnya surut. Maka gua ini jadi nampak, dan berada di atas permukaan laut dan bahkan kini berada di atas daratan dengan ketinggian hampir mencapai 70 meter lebih. Luasnya sendiri sekitar 19 hektar dan sudah dipastikan banyak hal yang bisa kamu nikmati.

Walaupun untuk mencapai ke Gua Batu Cermin tidak gampang, tapi keindahan yang ditawarkan bisa terbayarkan dengan tuntas. Sebanding dengan perjalanan yang harus kamu tempuh. Untuk biaya masuk Gua Batu Cermin ini bisa dibilang sangat terjangkau, yakni hanya Rp10.000 dan jika menggunakan tour guide akan dikenakan biaya Rp20.000.

Gua Pindul

Jika tadi berada di ujung timur Indonesia, maka sekarang kita kebagian tengah. Gua Pindul berada di Yogyakarta. Tepatnya di Desa Gelaran 1 Kelurahan Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Lokasi tersebut berada tepat disekitar 7 kilometer dari pusat kota Wonosari, yang mana menjadi ibukota dari Kabupaten Gunungkidul. Dan untuk bisa sampai ke Gua Pindul, kamu bisa menempuh perjalanan dengan waktu 2 jam dari Yogyakarta.

Gua Pindul sendiri merupakan salah satu gua  terindah yang ada di Indonesia, menawarkan keindahan yang tidak bisa ditawar. Bagi siapa saja mengunjungi gua ini, maka akan diberikan ban pelampung, untuk dapat mengarungi arus sungai bawah tanah yang ada di dalam guanya. Aktivitas yang bisa dilakukan di Gua Pindul ini biasa disebut dengan Cave Tubing. Untuk jam operasional destinasi wisata gua ini, ternyata dibuka dari jam 7 pagi hingga jam 7 malam. Dan jika kamu datang pada pagi hari, sekitar jam 9 atau bahkan jam 10 pagi, maka dari atas gua terindah akan muncul ray of life, sangat indah dan biasa juga disebut dengan cahaya surga. Untuk bisa menikmati indahnya Gua Pindul ini, maka kamu harus mengeluarkan biaya tiket sebesar Rp10.000 per satu orang. Biaya tersebut untuk biaya retribusi, sedangkan untuk masuk ke wisata guanya. Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp40.000 per satu orang.

Gua Gong

Mari pindah ke Jawa Timur, Gua Gong berada tept di jalan Salam Punung Kabupaten Pacitan. Menjadi salah satu gua terindah yang ada di Indonesia, menawarkan keindahan stalaktit atau juga stalakmit yang sangat unik. Di Gua Gong ini, kamu dapat menyusuri gua dengan panjang sampai 256 meter. Dan konon katanya, salah satu batu yang ada di dalam Gua Gong ini mengeluarkan suara yang mirip dengan suara gong. Dan itulah mengapa gua ini disebut dengan Gua Gong.

Untuk dapat menikmati keindahan alam yang ada di dalam Gua Gong ini, kamu akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp10.000 dan jika ingin menggunakan jasa pemandu akan dikenakan biaya Rp30.000 per satu orang. Jangan lupa untuk mengajak teman, agar keseruannya tidak hanya dinikmati sendiri.

Baca Juga : Inilah Rekomendasi Desa Wisata Indah di Indonesia

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *