Inilah Rekomendasi Desa Wisata Indah di Indonesia

Inilah Rekomendasi Desa Wisata Indah di Indonesia

EARTHIANOS – Liburan menjadi moment yang menyenangkan dan dinanti banyak orang. Jika anda ingin mencari sensasi berbeda, anda bisa memulai menulusuri berbagai desa wisata terbaik di Indonesia. Sehingga bisa dikelola dengan optimal serta menyediakan pengalaman unik untuk berkunjung ke tempat tersebut. Pada saat liburan ke desa wisata, anda tidak hanya bisa menikmati moment liburan saja namun anda juga bisa belajar mengenai kebudayaan serta keseharian penduduk sekitarnya.

Desa wisata menawarkan suasana pedesaan yang jauh dari hinggar binger dan gemerlap kota besar. Lokasi-lokasi yang ada di desa wisata ini cocok untuk tempat healing. Anda bisa istirahat sejenak dari keramaian kota. Tidak hanya itu, di desa wisata biasanya udaranya masih sejuk dan bersih sehingga terhindar dari polusi-polusi kendaraan. Di artikel ini akan mengulas rekomendasi desa indah di Indonesia.

Berikut ini Rekomendasi Desa Wisata Indah di Indonesia

Biasanya jika pergi liburan datang ke tempat wisata-wisata terkenal seperti Pantai atau Gunung. Jika anda ingin mendapatkan pengelaman berbeda dari liburan anda tidak ada salahnya mengunjungi desa wisata yang ada di Indonesia. Desa tersebut menawarkan keindahan alam yang luar biasa, kemudian suasana desa yang tenang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sehingga udaranya pun masih bersih terhindar dari polusi kendaraan. Sehingga sangat cocok sekali untuk healing. Untuk itu,  disini akan disebutkan beberapa rekomendasi desa Indah di Indonesia yaitu:

Desa Pemuteran

Desa Pemutaran merupakan desa wisata yang ada di Bali, desa ini memiliki suasana yang menenangkan dekat dengan alam dan dijamin menjadi tempat yang tepat untuk healing. Selain itu, anda juga bisa menikmati aktivitas diving yang ada di sana dan dikelola oleh masyarakatnya.

Desa wisata ini sempat masuk ke dalam 10 destinasi terbaik di Asia versi Lovely Planet. Jika berkesempatan mengunjungi Bali, tidak ada salahnya untuk datang ke tempat wisata ini. Anda bisa menikmati keindahan bawah lautnya yang memukau. Dulunya Desa Pemuteran ini merupakan desa terpencil dan terbengkalai. Kemudian, ada inisiatif untuk membangun desa dan membuahkan hasil menjadi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan.

Desa Pentingsari

Yogyakarta memang selalu menawarkan cerita romantic dan setiap yang datang ke sana pasti ingin kembali lagi berkunjung ke Yogyakarta. Di Yogyakarta sendiri ada destinasi desa wisata terbaik di Indonesia yaitu Desa Pentingsari.

Desa ini mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Bupati Sleman terkait dengan system ekonomi kerakyatannya. Telah menjadi percontohan sejak tahun 2008 lalu, des aini menawarkan wisata alam, budaya dan tradisi, seni. Serta ragam kearifan lokal yang bisa memberikan value lebih besar untuk pengunjungnya.

Aktivitas yang ada di wisata ini akan berkutat pada hal-hal yang bersifat tradisional mulai dari membuat wayang suket atau wayang rumput, kemudian belajar menari Jawa, belajar bermain gamelan, menjalin janur, hingga mencicipi berbagai produk olahan lokal dan berjalan-jalan di Sungai untuk relaksasi. Bahkan, di desa ini pun anda bisa melakukan aktivitas tour jepp di Kawasan Gunung Merapi, ada jasa juga yang siap mengantarkan wisatawan.

Desa Tamansari

Desa wisata selanjutnya ada Desa Tamansari yang berlokasi di Banyuwangi. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kawah ijen yang terkenal. Bahkan, desa ini pernah mendapatkan penghargaan Wisata Award dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada ketegori pemanfaatan jejaring bisnis.

Pengelolaan desa wisata ini dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa atau bumdes sehingga memiliki manajemen yang jelas untuk setiap kegiatan bisnis yang ada di tempat tersebut, mulai dari pertanian madu, kemudian jasa transportasi wisata, jasa pemandu wisata, hingga beberapa UKM lain yang ada di desa ini dan terus berkembang. Daya tarik Wisata Tamansari ini yaitu ketenangan dan kedekatan dengan alam. Selain itu, desa ini memiliki kebun yang dikelola oleh masyarakat lokal. Kebun tersebut menjadi penghasil karet, cengkeh, biji kopi, hingga adanya peternakan yang menghasilkan susu sapi.

Desa Arborek

Desa Arborek berada di Distrik Meos Mansar, Raja Ampat. Pesona utama dari desa wisata ini adalah keindahan alam seluas lebih dari 7 hektar yang indah dan bersih sehingga dipastikan akan memanjakan mata dan menentramkan jiwa. Selain itu, keindahan Pantai dan bawah laut yang ada di Desa Arborek sendiri berhasil memikat banyak orang sehingga wisatawan pun banyak yang kembali berkunjung ke desa tersebut. Desa ini pun masuk ke dalam nominasi Anugerah Wisata Indonesia tahun 2021 lalu.

Desa Arborek menawarkan keindahan alam yang luar biasa, wisatawan bisa menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Pelabuhan Soring untuk sampai ke desa ini. Setelah sampai, anda akan disajikan dengan pemandangan deretan pohon kelapa di hamparan pasir putih dan terumbu karang yang terasa harmonis, sempurna tanpa perlu tambahan apa pun di dalamnya.

Desa Waturaka

Desa Waturaka berada di Ende, Nusa Tenggera Timur. Didesa ini dikonsep dengan baik menggunakan model community based tourism. Desa ini melibatkan secara penuh setiap elemen masyarakatnya dalam pengelolaan wisata dan potensi yang dimiliki. Salah satu potensi yang menojol dari desa wisata ini adalah pertanian hortikultura dan keindahan alam yang luar biasa memanjakan mata. Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung karena daya tarik dari aktivitas pertaniannya mulai dari penyiapan lahan, system pengairan, proses penyiapan bibit hingga penanaman dan panen.

Tidak sedikit wisatawan yang kembali datang ke wisata ini hanya untuk menikmati tahapan aktivitas pertanian tersebut dan mencoba mempelajarinya mulai dari penanaman, perawatan hingga masa panen.

Desa Ponggok

Sebelumnya Desa Ponggok memang belum terkenal secara luas, namun dalam beberapa waktu yang lalu Desa Ponggok ini menjadi terkenal karena adanya sebuah fenomena yang menjadi daya tarik dari desa tersebut sehingga bisa memiliki puluhan ribu wisatawan setiap minggunya. Menjadi salah satu tujuan utama di Kabupaten Klaten, Desa Ponggok ini menjadi spot menarik untuk belajar menyelam bagi pemula. Anda bisa menemukan Umbul Ponggok yang berua mata air alami dan dikelola menjadi tempat menyelam dan dihiasi banyak sekali ikan tawar.

Tidak heran, jika banyak pengunjung yang menjadikan titik tersebut sebagai tempat berfoto di bawah air. Karena memiliki air yang jernih dan ikannya sangat bersahabat sehingga menjadikan foto yang didapatkan lebih menarik.

Itulah beberapa rekomendasi Wisata yang ada di Indonesia, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke desa-desa tersebut. Di jamin akan menjadi pengalaman liburan paling menyenangkan, anda bisa belajar tentang alam, pertanian, kebudayaan masyarakatnya, belajar diving dan masih banyak lagi. Dengan liburan unik ini pasti akan menjadi moment yang sulit dilupakan oleh setiap pengunjungnya. Tidak heran jika banyak pengunjung yang balik lagi ke desa wisata tersebut.

Baca Juga : Daftar Keindahan Air Terjun di Garut Terpopuler dan Tawarkan Alam

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *