Daftar Keindahan Air Terjun di Garut Terpopuler dan Tawarkan Alam

Daftar Keindahan Air Terjun di Garut Terpopuler dan Tawarkan Alam

EARTHIANOS – Salah satu tempat wisata alam yang harus dikunjungi keindahan air terjun. Pasalnya, tempat wisata tersebut menawarkan alam yang masih asir, airnya jernih, udaranya sejuk. Di setiap daerah di Indonesia pasti memiliki air terjun yang menakjubkan seperti di Garut, Jawa Barat yang memiliki koleksi air terjun yang mempesona.

Garut merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Barat, Garut menawarkan keindahan alam luar biasa. Salah satu tempat wisata alam yang dapat dikunjungi di Garut adalah air terjunya. Di kota ini terkenal juga dengan koleksi air terjun yang menakjubkan. Jika dalam bahasa sunda air terjun ini sering disebut curug. Setiap air terjun yang ada di Garut ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga menarik minat wisatawan dari berbagai kota di Indonesia.

Inilah Daftar Keindahan Air Terjun di Garut Terpopuler dan Menawarkan Alam Luar Biasa

Saat anda bekunjung ke Garut, tidak ada salahnya untuk datang ke tempat wisata alamnya air terjun. Pasalnya, curug atau air terjun yang ada di Garut ini masih asri dan menawarkan keindahan alam luar biasa. Setiap air terjun yang tersebar di berbagai wilayah di Garut telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Sementara memang masih banyak juga yang belum terjamah. Akses ke beberapa air terjun pun cukup mudah namun ada juga yang memerlukan sedikit petualangan untuk mencapai tujuan. Berikut ini daftar air terjun di Garut terpopuler dan menawarkan keindahan alam luar biasa yaitu:

Keindahan Air Terjun Sanghyang Taraje

Air terjun sanghyang taraje memiliki cerita tersendiri, menurut masyarakat setempat yang mempercayai cerita tersebut bahwa air terjun sanghyang taraje sebelumnya difungsikan sebagai tangga oleh Sangkuriang untuk mencapai Bintang di langit sesuai dengan permintaan Dayang Sumbi yang kemudian diketahui sebagai ibunya sendiri.

Pesona air terjun ini tentunya sangat menakjubkan dengan panorama alam sekitarnya yang memukau. Air terjun ini cukup tinggi dan airnya pun deras. Saat cuaca cerah, airnya menjadi jernih dan sangat menyenangkan jika melakukan aktivitas berenang.

Keunikan dari air terjun sanghyang taraje terdiri dari dua bagian sekaligus menjadikan satu-satunya air terjun kembar di Garut. Di lokasi ini pun terdapat kolam renang yang dapat digunakan untuk berenang. Meskipun akses ke air terjun ini cuikup menantang, keindahan yang ditawarkan membuatnya layak untuk dikunjungi. Lokasi air terjun ini berada di Kampung Kombongan, Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut.

Keindahan Air Terjun Sangyang Santen

Air terjun sanghyang Santen letaknya tidak jauh dari keindahan air terjun sanghyang taraje membuatnya mudah untuk dikunjungi dalam satu perjalanan.Sehingga air terjun ini menonjol dengan ketinggian yang mengesankan dan debit air yang besar, serta airnya pun sangat jernih. Meskipun pengolaan air terjun ini belum terbaik di air terjun sanghyang taraje dan aksesnya lebih sulit, tempat ini menjadi destinasi menarik bagi para pecinta petualangan.

Keindahan Air Terjun Nyogong

Air terjun nyogong menawarkan pengalaman unik dibandingkan dengan air terjun lainnya karena bisa dilihat di samping. Sehingga air terjun ini berada di Kecamatan Cihurip dan dikenal sebagai air terjun dengan pemandangan alam yang indah.

Pada musm hujan, debit airnya akan meningkat siginifikan. Air yang mengalir kemudian terjun ke Lembah Nara di bawahnya. Terdapat kolam alami yang besar di air terjun ini, sayangnya kurang aman untuk berenang karena debit airnya tinggi. Pengunjung bisa menikmati pemandangan air terjun ini dari atas bebatuan besar di sekitarnya namun harus tetap berhati-hati karena alirannya cukup deras.

Keindahan Air Terjun Jagapati

Air terjun jagapati adalah salah satu air terjun bertingkat dengan kolam alami di bawahnya. Kolam ini sangat jernih dan aman untuk berenang saat kondisi udara tenang. Air terjun ini dikelilingi batu-batu besar yang menambah keindahan pemandangannya. Di sekitarnya, suasananya masih sangat asri dengan pepohonan dan hutan belantara yang cukup rapat.

Untuk mengakses air terjun ini memang tidak cukup mudah, pengunjung harus berjalan kalai selama sekitar 10 sampai 15 menit melewati jalur menurun dan sering kali berlubang. Namun keindahan alam yang ditawarkan membuat perjalanan anda yang menantang akan terasa hilang begitu saja. Perjalanan pulang yang menanjang mungkin akan terasa berat, namun keindahan dari air terjun Jagapati ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Keindahan Air Terjun Cibadak Cihurip

Air terjun cibadak cihurp dikenal akan debit airnya yang besar selama musim hujan sehingga menambah kemegahan dan daya tarik. Serta air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 100 meter. Pengunjung dapat menikmati keindahannya dari dekat karena infrastruktur yang telah dibangun memudahkan akses ke air terjun tersebut.

Salah satu aspek yang menarik dari air terjun ini adalah lokasinya yang strategis di pinggir jalan, memungkinkan keindahannya bisa dinikmati langsung di jalan raya. Hal ini memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk menghentikan perjalanan sejenak dan menikmati pemandangan tanpa harus melakukan perjalanan jauh dari jalur utama. Saat musim hujan, air di air terjun ini tetap jernih dan kondisi arusnya pun tenang menjadikannya aman untuk dijadikan tempat berenang.

Keindahan Air Terjun Arjuna

Air terjun arjuna memiliki ketinggian yang mengesankan kurang lebih 60 meter. Ketinggian ini bahkan lebih tinggi dari curug sanghyang taraje. Saat debit airnya besar, tidak hanya terdapat dua melainkan lima air terjun yang mengalir di tempat ini. Pemandangan disekitarnya sangat indah dan asir, terdapat pepohonan-pepohonan besar dan udara yang mengalir turun ke kolam kecil di bawahnya.

Salah satu tantangan utama untuk sampai ke air terjun ini yaitu akses yang cukup sulit. Jalan menuju air terjun ini jauh dari pusat kota dengan banyak turunan dan kondisi yang belum memadai.

Keindahan Air Terjun Cipanyairan

Air Terjun Cipanyairan merupakan air terjun tersembunyi yang berada di dalam hutan lebat. Tempat ini menawarkan petualangan bagi pengunjung yang ingin menjelajahi tempat-tempat yang belum terjamah. Untuk nencapai air terjun ini, diperlukan usaha ekstra karena lokasinya yang cukup sulit diakses. Oleh karena itu, tempat ini ideal bagi para pecinta petualangan alam.

Air terjun ini adalah bagian dari aliran yang sama dengan air terjun arjuna. Hal tersebut menjelaskan mengapa debit airnya cukup besar dan arusnya kuat. kondisi ini membuat kurang aman bagi pengunjung jika terllau dekat dan tidak aman juga untuk berenang.

Daftar air terjun di Garut sudah disebutkan diatas, bisa menjadi rekomendasi saat anda berkunjung ke Garut untuk liburan ke air terjunnya. Menikmati keindahan alam yang memukai disertai udara yang masih sejuk, cocok untuk menenangkan pikiran.

Baca Juga : Panduan dan Tips Menghindari Kesalahan Memilih Agrowisata

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *