Keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

EARTHIANOS – Bromo tengger semeru merupakan taman nasional yang memiliki total luas wilayah mencapai 50.276,3 hektare. Taman nasional ini menempati empat wilayah administrative yaitu kabupaten pasuran, kabupaten malang, kabupaten lumajang, dan kabupaten probolinggo, jawa timu. Sehingga taman nasional ini diresmikan oleh pemerintah Indonesia sebagai taman nasional pada tanggal 12 November 1992.

Taman Nasional Tengger Semeru memiliki keunikan dan keindahan alam yang begitu luar biasa. Dimana, keindahannya akan membuat siapa pun terpesona. Para wisatawan biasanya akan selalu datang lagi ke taman nasional bromo ini, tidak ada salahnya untuk datang ke taman nasional ini saat libur untuk menikmati keindahan alamnya.

Keunikan Dan Keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Yang Mempesona

Taman nasional bromo tengger semeru memiliki beberapa keunikan dan keindahan yang bahkan kerap disandingkan dengan taman nasional skaftafell di Islandia. Simak beberapa keunikan dan keindahan dari taman nasional bromo tengger semeru yaitu:

Memiliki empat gunung berapi baru

Taman nasional bromo tengger semuru memiliki lautan pasir seluas 10 km persegi, yang bernama tengger dengan empat anak gunung berapi baru. Keempat anak gunung berapi barutersebut adalah gunung kursi 2.581 meter, gunung watangan 2.661 meter, gunung widodaren 2.650 meter dan gunung batok 2.470 meter.

Hanya gunung bromo yang masih aktif

Meskipun statusnya sebagai anak gunung berapi baru, keempat anak gunung tersebut tidak sepenuhnya aktif. Namun hanya gunung bromo saja yang satu-satunya masih aktif. Puncak bromo memiliki temperature rata-rata antara 5-18 derajat celcius. Namun, kadang-kadang bisa mencapai 0 derajat celcius atau bahkan suhu minus di musim tertentu.

Puncak tertinggi di pulau jawa

Titik tertinggi di pulau jawa adalah puncak gunung semeru. Selain jadi gunung tertinggi, gunung ini juga dikenal sebagai salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Anda bisa melakukan pendakian ke puncak gunung semeru untuk mendapatkan pengalaman bertualang luar biasa dan mengesankan sambil menikmati pemandangan alam memukau.

Memiliki savana dan gurun

Taman nasional bromo memiliki savana dan gurun sekaligus. Area savana atau padang rumput di taman nasional tersebut dikenal dengan sebutan bukit teletubies. Sementara padang pasir membentang seluas 10 km persegi benama tengger.

Hamparan tandus di taman nasional ini merupakan kaledra yang berada di kawasan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2000 mdpl. Seperti halnya kaldera, padang pasir ini juga memiliki pasir vulkanik. Terkadang pasir itu terdengar seperti berbisik ketika ditiup angina, hingg munculah istilah pasir berbisik.

Konservasi di Bromo tengger semeru

Taman nasional bromo tengger semeru merupakan lahan konservasi yang melindungi sejumlah flora dan fauna. Setidaknya ada 38 jenis satwa liar yang berada di taman nasional tersebut, bahkan beberapa satwa diantaranya sangat dilindungi karena terancam punah.

Memiliki ekosistem yang unik

Taman nasional ini memiliki tiga jenis ekosistem unik yaitu ekosistem sub Montana, ekosistem Montana dan ekosistem sub alpin. Keunikan ekosistem inilah yang membuat taman nasional bromo tengger semeru banyak pohon besar yang berusia hingga ratusan tahun. Tanaman endemic di taman nasional adalah habenaria tosariensis dan malaxis purpureonervosa yang bisa dijumpai di semeru selatan. Selain itu, terdapat kurang lebih 158 spesies anggrek dengan puluhan spesies diantaranya termasuk langka.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Saat Berlibur Ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Pada saat berlibur ke taman nasional bromo tengger semeru ini ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan sehingga bisa lebih berkean liburannya. Inilah aktivitas yang bisa dilakukan di taman nasional bromo tengger semeru yaitu:

Aktivitas outdoor

Lautan pasir tengger memiliki luas mencapai 5,250 hektare dan tentunya bisa menjadi tempat terbak untuk berjalan kaki atau berjalan-jalan sambil menunggangi kuda. Anda juga bisa naik mobil yang disewakan di area tersbeut untuk berkeliling lautan pasir dan berfoto-foto.

Mendaki gunung semeru

Selain itu, anda juga bisa mendaki ke titik tertinggi di Pulau Jawa yaitu puncak Gunung Semeru. Sembari mendaki, anda juga bisa menikmati perjalanan mendaki sambil camping di area ranu kombolo. Disana anda bisa menyaksikan keindahan sunrise atau moment matahai terbit. Sinar matahai akan perlahan muncul dari lembah di antara kedua bukit. Anda juga bisa mengujungi beberapa air terjun terdekat seperti coban sewu, coban pelangi, coban jahe, dan madakaripura.

Wisata religi

Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan di taman nasional bromo adalah wisata religi. Di area taman nasional bromo tengger semeru itu terdapat pura hindu. Sehingga anda bisa mengunjunginya asalkan berpakaian sopan dan tertutup.

Anda pun bisa megenal tradisi hindu dan ritual umat hindu penduduk asli tengger. Anda bisa mengunjungi beberapa pura di sana, seperti pura luhur poten, putra agung mandara giri semeru, pura kidall dan pura jago.

Wisata budaya

Selain keindahan alamnya, terdapat sebuah desa di lereng gunung bromo yang bisa dikunjugi wisatawan. Anda bisa melihat kehidupan desa yang bersahaja sambil mendapatkan pengalaman budaya yang seru dan menyenangkan. Desa tersebut berada di dataran tinggi dan hanya bejarak sekitar 6 kilometer dari gunung bromo. Sebagian besar penduduk desa tersebut adalah penduduk asli tengger yang masih mempertahankan ritual serta upacara kuno yang mereka dapat memberikan keamanan, kemakmuran dan nasib buruk.

Tips Persiapan Pergi Liburan Ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Jika anda memiliki rencana untuk mengunjungi taman nasional bromo tengger semeru pada libur panjang nanti, pastikan anda pun memiliki beberapa persiapan terlebih dahulu mulai dari pakaian yang akan dikenakan, buget dan masih banyak lagi. Untuk itu, disini akan disebutkan tips persiapan perg libuan ke taman nasional bromo tengger semeru yaitu:

Gunakan baju panjang

Hindari menggunakan pakaian pendek saat mengunjungi taman nasional bromo tengger semeru. Pakaian pendek atau telalu terbuka bisa membuat seseorang terserang hipotermia, karena itu gunakan dalaman yang hangat seperti sweater, crewneck, atau hoodie yang hangat. Untuk lapisan uar agar lebih hangat gunakan pula jaket, parka, atau mantel tebal. Oastikan anda juga menggunakan sarung tangan.

Gunakan sepatu yang cocok untuk hiking

Sepatu jenis boots bisa menjadi pilihan jika anda akan mengunjungi taman nasional bromo tengger semeru. Hindari menggunakan alas kaki yang terbuka untuk menjaga kaki tetap hangat.

Utamakan bahan waterproof

Jika anda mengunjungi taman nasional bromo ini saat musim hujan, pastikan memilih bahan atau outfit yang tidak sekedar menghangatkan badan, namun bisa melindungi tubuh dari hujan. Maka, bisa gunakan bahan waterproof.

Berbagai keindahan yang dimiliki taman nasional bromo tengger semeru membuat tempat tersebut wajib dikunjugi. Anda akan terpikat akan keindahan alam indonesia yang disajikan di taman nasional bromo ini. Sehingga, akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Baca Juga : Pilihan Wisata Keindahan Pantai Indonesia

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *