Destinasi Agrowisata Favorit di Jawa Barat

Destinasi Agrowisata Favorit di Jawa Barat

RTHIANOS – Selain menyenangkan, wisata agrowisata juga bisa membuat orang menambah pengetahuan dan wawasan. Pasalnya, agrowisata bersifat edukasi mengingat setiap pengunjung bisa mengenal lebih dekat dengan alam sekitar. Makanya, tidak ada salahnya ketika tiba waktu liburan untuk mengunjungi beberapa tempat agrowisata, di mana sejumlah tempat menarik bisa anda temukan di Jawa Barat.

Jawa Barat merupakan provinsi di Indonesia yang mempunyai banyak daerah berpotensi menjadi agrowisata. Beberapa  tempat bahkan telah dikelola sebagai tempat wisata agro karena menyajikan pemandangan alam yang asri dan indah, berada di ketinggian serta terdapat banyak lahan pertanian maupun perkebunan.

Biasanya, beberapa tempat agrowisata favorit khususnya di provinsi Jawa Barat menjadi tempat yang cocok buat healing atau sekedar ingin menikmati keindahan serta pemandangan alam. Bahkan, para pengunjung juga bisa sambil belajar terkait dengan beberapa kegiatan berkebun atau bertani sebagaimana layaknya wisata agrowisata.

Rangkaian Destinasi Agrowisata Favorit yang Ada di Jawa Barat

Bagi masyarakat yang berdomisili di Jawa Barat, setidaknya pasti telah mengenal beberapa tempat agrowisata yang menarik. Apalagi, sebagian besar wisata agro di provinsi ini biasanya terkenal dan sering dikunjungi oleh banyak wisatawan. Selain menawarkan pemandangan yang indah ataupun harga yang relatif murah, sejumlah tempat wisata agro di Jawa Barat bahkan juga menawarkan beragam banyak hal menarik lain.

Maka dari itu, untuk mengisi momen liburan ataupun mendapatkan pengalaman terbaik dalam melakukan perjalanan, berkunjung ke beberapa tempat wisata agro bisa menjadi alternatif yang sangat tepat. Inilah serangkaian destinasi agrowisata favorit yang ada di Jawa Barat yang mesti dikunjungi:

  • Happy Farm Ciwidey, Bandung

Berlokasi di Ciwidey, Bandung, Agrowisata Happy Farm merupakan salah satu tempat menarik yang sangat layak buat dikunjungi. Happy Farm Ciwidey menyuguhkan berbagai fasilitas menarik yang berkaitan dengan wisata alam. Di mana, para wisatawan bisa mencoba menunggangi kuda, berinteraksi secara langsung dengan  beberapa satwa peliharaan, ataupun sekedar berfoto dengan banyaknya spot-spot menakjubkan.

  • Kuntum Farmfield

Selain Happy Farm Ciwidey, destinasi agrowisata favorit menarik lainnya di provinsi Jawa Barat yaitu Kuntum Farmfield. Tempat wisata agro satu ini berlokasi di Bogor dan diketahui menjadi salah satu agrowisata paling cocok dikunjungi bersama anak-anak.

Kuntum Farmfield menyediakan berbagai macam fasilitas yang telah disesuaikan dengan apa yang akan dibutuhkan oleh para wisatawan. Beberapa diantaranya seperti tersedianya gazebo, spot bunga dan masih banyak lagi.

  • Saung Manglid, Purwakarta

Bukan hanya sebagai agrowisata, Saung Farmfield yang berada di Purwakarta ini juga berfungsi sebagai tempat makan. Masyarakat Jawa Barat khususnya yang tinggal di Purwakarta pasti sudah familiar dengan nama Saung Farmfield, terlebih karena tempat ini juga sering dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar kota. Mengunjungi tempat ini akan membuat anda takjub dengan adanya sejumlah instalasi artistik yang terbuat dari anyaman bambu.

Di samping dapat menikmati sajian lezat khas Saung Manglid, tempat wisata agro inipun juga menawarkan para pengunjung beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Misalnya, pengunjung bisa bercocok tanam, berfoto, hingga menikmati indahnya bunga-bunga cantik yang terdapat di sekitaran Saung Manglid.

  • Mekarsari, Bogor

Taman Buah Mekarsari yang berada di Bogor, Jawa Barat ini menjadi salah satu destinasi wisata agrowisata yang sangat terkenal dan mungkin banyak diantara kalian yang pernah berkunjung ke tempat ini. Bahkan, Mekarsari disinyalir sebagai salah satu taman buah yang terbesar di dunia. Maka itulah tempat wisata agro yang satu ini layak menjadi destinasi tujuan anda saat berlibur. Di Mekarsari, anda bisa menjelajahi area kebun, memetik buah, bahkan menjajal sejumlah wahana bermain yang menarik yang tidak akan anda temukan di tempat lain.

  • Agrowisata Gunung Mas

Masih dari Bogor, agrowisata favorit menarik lain yang juga bisa menjadi tempat tujuan terbaik anda menghabiskan masa liburan yaitu Gunung Mas, tepatnya berada di Cisarua. Hal paling menarik dan populer dari Agrowisata Gunung Mas ini ialah adanya wahana outbound yang bisa memanjakan para pengunjung. Tak hanya itu, di tempat ini juga menyajikan bungalow, villa untuk menginap hingga wisma. Belum lagi dengan pemandangannya yang indah bisa membuat wisatawan berfoto dengan background kebun teh yang dipisahkan oleh jalan-jalan kecil.

Beberapa Keistimewaan Agrowisata di Jawa Barat

Jawa Barat merupakan wilayah yang sebagian besar daerahnya sangat berpotensi menjadi tempat wisata khususnya agrowisata. Dengan kondisi daerah yang sangat mendukung, tidak heran jika agrowisata di provinsi ini menyuguhkan banyak kelebihan serta keistimewaan. Apalagi, di daerah Jawa Barat sudah sangat terkenal akan banyaknya dataran tinggi dan pegunungan yang membuatnya mampu menyuguhkan pemandangan alam menakjubkan.

Maka dari itu, berkunjung ke tempat wisata agrowisata yang berada di Jawa Barat bisa menjadi rekomendasi terbaik. Beberapa diantaranya tidak hanya sekedar sebagai agrowisata, melainkan  juga bisa menjadi lokasi wisata yang lengkap yang dapat menunjang kebutuhan setiap para pengunjung. Sementara itu, adapun beberapa keistimewaan agrowisata Jawa Barat diantaranya seperti:

  • Pemandangan alam yang indah

Salah satu keistimewaan agrowisata Jawa Barat tentu saja karena pemandangan alamnya yang sangat indah. Dengan sebagian besar wisata agro yang dibangun di lereng gunung ataupun dataran tinggi jelas akan membuat wisatawan takjub dengan apa yang didapat. Tak hanya pemandangan alamnya yang indah, beberapa tempat wisata agro Jawa Barat bahkan menawarkan alam yang sejuk yang bisa menjadi tempat terbaik buat relaksasi.

  • Akses mudah

Kebanyakan agrowisata di Jawa Barat mudah diakses karena lokasinya yang tidak berada jauh dari pusat kota. Apalagi, dengan sebagian besar lokasinya yang strategis bisa memudahkan akses dan tidak sulit ditemukan apabila anda berkesempatan berkunjung ke beberapa daerah dengan adanya agrowisata yang terdapat di Jawa Barat.

  • Banyak pilihan

Sudah bukan menjadi rahasia umum apabila Jawa Barat menjadi salah satu provinsi dengan sederet wisata agrowisata yang lengkap. Pasalnya, banyak pilihan tempat wisata agro di provinsi ini yang layak untuk dikunjungi di mana hal tersebut juga menjadi salah satu keistimewaannya.

  • Harga terjangkau

Berbeda dengan ekowisata, mengunjungi beberapa tempat agrowisata yang berada di Jawa Barat tidak akan membuat pengunjung keberatan harus mengeluarkan budget yang besar. Karena memang, sebagian besar wisata agro di Jabar menawarkan harga yang relatif terjangkau namun setiap wisatawan atau pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas yang disediakan sepuasnya.

  • Tersedianya beberapa wahana

Hal yang biasanya paling identik dengan agrowisata yakni tempatnya yang menyediakan berbagai macam kegiatan berkebun dan bertani seperti menanam ataupun memetik buah dan sayur. Namun, sedikit berbeda dengan beberapa agrowisata yang berada di Jabar yang mana para pengunjung juga disediakan pula oleh beberapa wahana seperti taman air, outbound, bahkan adanya villa dan penginapan yang mungkin diperlukan untuk menginap sehingga tidak akan membuat anda kesulitan selama berada di lokasi.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Agrowisata Indonesia Berikut Beberapa Referensi Tempat Wisata Menariknya

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *