5 Tipe Keindahan Air Terjun Indonesia Bertingkat Paling Indah

5 Tipe Keindahan Air Terjun Indonesia Bertingkat Paling Indah

EARTHIANOS – Adanya berbagai polusi, kemacetan dan kebisingan di setiap harinya membuat kita terkadang membutuhkan suasana yang sangat sejuk untuk bisa menenangkan hati. Sejenak menyatu dengan alam tentu terasa sangat nyaman sehingga tidak heran banyak orang berupaya dapatkan kesejukan tersebut. Dengan berlibur di Kawasan wisata dengan wilayahnya yang mengandung air, seperti tidak lain adalah wisata air terjun. Ada banyak destinasi wisata Keindahan Air Terjun Indonesia yang sangat cocok untuk dikunjungi Ketika musim liburan tiba. Serta juga sewaktu-waktu Ketika merasa bosan dan penat atau Lelah tentunya dapat berkunjung ke beberapa pilihan air terjun di Indonesia yang tentunya memiliki keindahan yang sangat eksotis. Bermain dan berlibur di tempat wisata ini tentu saja memberikan kesenangan dan kebahagiaan tersendiri.

Inilah 5 Jenis Keindahan Air Terjun Indonesia Bentuk Bertingkat Paling Indah

Adapun tempat unik air terjun bertingkat yang wajib kamu kunjungi, selain memanjakan mata bikin betah berlama-lama juga berikan kesegaran dan ketenangan yang luar biasa. Keindahan dari pada setiap sudutnya tentu saja aan sangat membuat kita nyaman dan menyesal jika tidak segera mengunjunginya, diantaranya adalah:

AIR TERJUN SALUOPA – Sulawesi Tengah

Air terjun yang satu ini Nampak sangat indah yaitu dengan keindahan bentuk air terjun yang memiliki 12 tingkatan yang tinggi. Dengan bebatuan alami yang berakhir di sungai kecil di desa Lebni. Adapun air terjun ini terletak di Tonusu, yaitu Pamona Puselemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Untuk bisa menikmati air terjun yang sangat indah dengan dikelilingi pepohonan hijau ini, aka pengunjung dapat menempuh kurang lebih 2 jam dengan melakukan perjalanan gunakan kendaraan bermotor roda 2 dari Poso. Adapun harga tiket masuk ke wilayah wisata air terjun ini hanya 5 ribu saja per orangnya. Maka kamu akan sangat takjub dengan keindahan alamnya yang sangat luar bisa mempesona.

AIR TERJUN KANTO LAMPO – Bali

Berikutnya ini adalah terletak di wilayah Bali yaitu di Desa Beng yang jaraknya adalah 3 km yaitu dari kota Gianyar. Keindahan yang Nampak dari air terjun ini tentunya bisa dilihat dengan adanya bebatuan warna hitam yang diselimuti oleh aliran air terjun yang deras dengan aliran bertingkat yang sagat jernih. Adapun air terjun ini dikelilingi pepohonan yang mana berada di dataran rendah sehingga suhu air disini masih terbilang normal.

Wilayah tempat wisata ini bisa ditempuh dengan mudah adalah dengan membayar tiket masuk hanya 5 ribu saja per orangnya. Maka kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat eksotis dan bisa berenang di bagian bawahnya dengan menikmati derasnya air terjun yang indah. Adapun beberapa sudut di air terjun ini merupakan tempat sacral yaitu sebagai tempat suci bagi masyarakat sekiitar.

AIR TERJUN MATA BUNTU – Sulawesi Selatan

Jenis keindahan air terjun berundak lainnya adalah Air Terjun mata Buntu yang memiliki bentuk air terjun melebar dengan beberapa tingkatan yang semakin menyempit keatas. Sehingga bagian bawahnya terdapat batu besar yang lebar bisa menjadi tempat berpijak untuk menikmati derasnya air terjun yang jatuh dari atas. Terdapat undakan batu-batu yang berukuran sedang hingga besar di bagian bawah sehingga Nampak indah dan eksotis.

Air terjun ini berada di Desa Ledu-Ledu, Kecamatan Wasupona, di Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan. Untuk mencapai tempat ini maka berjarak 4 km yaitu dari pusat kota Wasuponda. Sehingga menuju tempat ini adalah gratis tanpa biaya tiket masuk sehingga kamu bisa berkunjung kesini kapan saja dan melihat keindahannya.

AIR TERJUN KARMON BIAK – Papua

Jenis keindahan Air terjun yang seru ini berada di Papua yaitu dengan memiliki ketinggian hingga 30 meter dn airnya mengalir di dua sisi yang berundak. Serta nampak seperti tangga yang sempti di bagian atas dan melebar di bagian bawahnya sehingga mengalir ke koolam yang dangkal, maka kita bisa bermain air disini. Tentunya dengan aliran air yang deras dan suara gemuruh air ini pun snagat menenangkan jiwa dan pikiran maka sangat cocok berlibur ke tempat ini. Lokasinya adalah di Karmon, Yawosi Kabupaten Biak Numfor di Papua. Tempat keindahan air terjun ini jadi pilihan menarik untuk dikunjungi terutama dengan suasanya yang masih sangat sejuk dan asri serta tidak ada tiket sehingga gratis masuk kapan saja.

CURUG CIGANGSA – Sukabumi

Jenis keindahan air terjun seperti tangga berikutnya adalah terdapat di Sukabumi dengan tampilan yang sangat indah memukau dan eksotis. Air terjun atau curug ini Namanya diambil dari tokoh masyarakat terkenal yaitu Eyang Gangsa. Air terjun ini mengalir dengan aliran air yang deras tapi tidak banyak. Bentuk air terjun ini memiliki struktur bebatuan yang sangat tegas Nampak berundak seperti tebing tinggi yang bentuknya seperti tangga. Tebing yang luas ini hanya dialiri air terjun di bagian tengahnya saja sehingga mengalir ke bawah membentuk kolam yang luas dan bisa menjadi tempat berenang.

Keseruan dari air terjun ini bisa kamu nikmati dengan hanya memakan waktu kurang lebih 4 jam yaitu dari tol Jakarta dan harga tiketnya Cuma 5 ribu rupiah saja. Kamu bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa mempesona dan suasananya pun sangat sejuk dan dingin.

Keunggulan Dan Manfaat Berwisata Di Keindahan Air Terjun Indonesia

Tanpa kita sadari sebetulnya ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dari suatu tempat air terjun. Air terjun sebagai salah satu keindahan alam yang terbentuk secara alami memiliki panorama alam yang sangat indah dan mempesona. Selain keindahannya yang dapat dinikmati serta memanjakan mata. Sehingga bagi siapapun tentu membuat kita merasa lebih betah dan kerasan berlama-lama ditempat ini.

Keindahan alam di Indonesia yang tiada batasnya ini menghadirkan berbagai jenis air terjun yang sangat bermanfaat bagi kita. Terutama sebagai tempat wisata alam yang memiliki daya Tarik indah membuat siapapun ingin mengunjunginya. Apalagi dengan kesejukan dan kesegaran udaranya membuat para pengunjung semakin betah lantaran bisa merasakan ketenangan dan ketenteraman jiwa. Sehingga tidak heran jika orang yang banyak memiliki beban pikiran atau Ketika merasa Lelah dan letih memilih berlibur ke tempat ini. Air terjun dengan segala keindahannya juga memberikan banyak manfaat kepada kita, diantaranya adalah:

  • Sebagai tempat wisata alam yang menyuguhkan tempat berwisata paling menarik cocok untuk semua usia.
  • Merupakan sumber energi listrik yang besar sebab airnya terus mengalir sepanjang waktu.
  • Bermanfaat untuk kegiatan pertanian yaitu melalui system irigasi sehingga air bisa dialirkan ke lahan pertanian untuk berbagai jenis tanaman.
  • Menjadi pengobatan alternatif yang mana airnya mengandung mineral dan oksigen yang bagus bagi tubuh.
  • Menjadi tempat sumber pengetahuan dan tempat penelitian yang memiliki potensi besar untuk aspek kehidupan manusia.

Itulah keunggulan Keindahan Air Terjun Indonesia yang tidak hanya sebagai tempat wisata tapi memberikan banyak benefit kepada kita semua.

Baca Juga : Pesona Keindahan Agrowisata Indonesia Terbaik

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *