Mengenal Manfaat Agrowisata Indonesia Berikut Beberapa Referensi Tempat Wisata Menariknya

Mengenal Manfaat Agrowisata Indonesia Berikut Beberapa Referensi Tempat Wisata Menariknya

EARTHIANOS – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara agraris karena sebagian besar perekonomian ditopang berdasarkan hasil pertanian. Bukan hanya itu, banyaknya lahan pertanian serta perkebunan menjadikan negara kita berpotensi menciptakan sejumlah agrowisata yang menarik sekaligus memperkenalkan budaya masyarakat lokal.

Berbeda dengan ekowisata yang memprioritaskan pengembangan industri pariwisata yang bertumpu pada konservasi atau pelestarian alam, agrowisata ialah suatu objek wisata yang mempunyai tujuan utama memperluas pengetahuan serta rekreasi dalam bidang pertanian. Dengan kondisi alam yang memungkinkan, tidak heran jika banyak tempat di Indonesia yang saat ini menjadi agrowisata paling menarik dan layak dikunjungi.

Selain sebagai identitas negeri, tentu dengan adanya agrowisata keindahan  Indonesia juga mampu memberikan banyak manfaat khususnya bagi masyarakat sekitar. Walaupun masih banyak tantangan yang harus dihadapi, tetapi dengan adanya agrowisata bisa meningkatkan popularitas setiap daerah yang ada di tanah air selain sekedar memberikan benefit dengan pengelolaan yang baik.

Inilah Beragam Manfaat Agrowisata Indonesia

Agrowisata memberikan banyak manfaat dan tujuan sehingga tidak salah apabila beberapa daerah yang didukung lahan pertanian serta pemandangan alam yang indah menjadi tempat wisata. Bahkan, beberapa tempat yang menjadi agrowisata telah mampu meningkatkan perekonomian masyarakat lebih baik secara signifikan.

Bahkan saat ini, beberapa agrowisata di Indonesia sudah banyak dikunjungi para wisatawan karena menjadi tempat yang cocok menghabiskan waktu liburan, refreshing hingga sekedar menikmati pemandangan dan keindahan alam. Adapun beragam manfaat agrowisata Indonesia diantaranya mencakup:

  • Mengedukasi masyarakat tentang pertanian

Salah satu manfaat terbesar dari agrowisata tentu saja bisa mengedukasi masyarakat terkait pertanian. Hal ini tentu memberikan pengetahuan yang luas bagi masyarakat mengenai pentingnya pertanian dan bagaimana cara mengelolanya dengan baik. Beberapa bentuk edukasi yang biasanya diberikan lewat agrowisata antara lain seperti cara menanam atau memetik buah, merawat dan lain sebagainya.

  • Upaya untuk melestarikan dan menjaga lingkungan

Tujuan dan manfaat yang diberikan  oleh agrowisata yakni sebagai bentuk upaya guna melestarikan dan menjaga  lingkungan. Dengan adanya agrowisata, beberapa  tempat dengan lahan yang menunjang bisa terjaga keasriannya karena dikelola dan mendapat perhatian. Sejumlah tempat di Indonesia yang dijadikan objek agrowisata tentu akan memiliki lingkungan yang hijau, terawat serta mampu menyuguhkan keindahan alam bagi siapapun yang mengunjunginya.

  • Tempat rekreasi dan berlibur

Sesuai definisinya, agrowisata merupakan objek wisata yang mengandalkan pertanian serta perkebunan, sehingga dengan adanya agrowisata ini sangat bermanfaat menjadi tempat rekreasi dan berlibur bagi banyak orang. Bahkan, berkunjung ke tempat-tempat agrowisata menyuguhkan banyak hal menarik yang mungkin tidak akan dijumpai ketika mengunjungi tempat ekowisata, terutama yang berkaitan dengan keindahan alam.

  • Meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar

Salah satu manfaat terbesar dan paling signifikan dari adanya agrowisata Indonesia yaitu mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Dengan banyaknya wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat agrowisata tersebut, jelas akan menambah penghasilan masyarakat terutama jika disediakan pula dengan berbagai infrastruktur maupun fasilitas penunjang lain yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Meskipun banyak  sekali manfaatnya, namun penting untuk diingat bahwasannya tujuan utama dari agrowisata ini ialah untuk memperluas pengetahuan maupun rekreasi dalam bidang pertanian. Akan tetapi, tidak sedikit beberapa orang yang berkunjung ke tempat agrowisata yang ingin sekedar menikmati keindahan alam serta mencari spot foto terbaik.

Beberapa Referensi Tempat Agrowisata Menarik yang Terdapat di Indonesia

Mengingat Indonesia merupakan negara agraris, tentu tidak sedikit beberapa daerah yang menjadi agrowisata atau yang potensial menjadi tempat wisata tersebut. Adanya agrowisata sendiri jelas menambah banyak daftar tujuan wisata di negara kita yang sebelumnya memang lebih didominasi oleh tempat-tempat atau objek wisata berupa ekowisata.

Beberapa tempat agrowisata yang menarik di Indonesia bahkan sangat recommended dan layak dikunjungi karena menyuguhkan pemandangan serta keindahan alam, biaya relatif murah, bahkan adanya beberapa hal unik yang bisa dijumpai di dalamnya. Berikut beberapa contoh referensi agrowisata menarik yang terdapat di Indonesia dan bisa menjadi destinasi wisata terbaik diantaranya:

  • Agrowisata Kopeng Gunungsari, Semarang
  • Agrowisata Bhumi Merapi, Yogyakarta
  • Agrowisata Taman Suruh, Banyuwangi
  • Kusuma Agrowisata Batu, Malang
  • Agrowisata Kebun Strawberry Ciwidey, Bandung
  • Agrowisata Taman Anggrek Indonesia Permai, Jakarta
  • Agrowisata Kebun Teh Rancabali, Bandung
  • Agrowisata Belimbing, Garut
  • Agrowisata Bagus Agro Pelaga, Bali
  • Udjo Ecoland, Bandung
  • Narmada Botanic Garden, Lombok

Keunggulan Agrowisata untuk Edukasi Anak

Destinasi agrowisata pada umumnya menyajikan serangkaian kegiatan menarik yang mana mampu menambah banyak wawasan maupun pengalaman baru yang menarik. Pasalnya, di beberapa tempat agrowisata, kita bisa sambil melakukan berbagai kegiatan pertanian atau perkebunan seperti memetik buah dan sayur, menanam padi dan masih banyak lagi.

Dibanding ekowisata, tentu saja agrowisata memberikan lebih banyak keunggulan serta manfaat terutama untuk edukasi anak karena berkaitan erat dengan alam. Tak hanya mengedukasi, wisata agrowisata juga sangat menyenangkan serta memuaskan bagi siapapun  yang mengunjungi tempat-tempat tersebut. Adapun sejumlah keunggulan agrowisata untuk edukasi anak diantaranya seperti:

  • Menumbuhkan rasa cinta terhadap alam

Kebanyakan agrowisata selalu dibangun di kawasan pegunungan maupun dataran tinggi yang masih terjaga keasriannya. Menyaksikan pemandangan alam yang indah, tentu akan membuat anak timbul rasa cinta pada alam di dalam dirinya. Selain itu, mengajak anak bermain di alam sangat efektif guna membuat mereka lebih aktif dan hidup sehat.

  • Mengembangkan keterampilan hidup

Agrowisata utamanya untuk edukasi anak juga memiliki keunggulan di mana mampu mengembangkan keterampilan hidup. Dengan cara mengunjungi beberapa tempat agrowisata, anak bisa belajar terkait bagaimana caranya merawat tanaman, mengenali beragam jenis tumbuhan maupun hewan, hingga memahami dengan baik bagaimana siklus alam.

  • Mengasah kreativitas

Berkunjung ke tempat-tempat agrowisata sangat efektif dalam merangsang kreativitas anak. Dengan bermain di alam terbuka, tentu anak akan terdorong untuk mengeksplorasi imajinasinya sekaligus menambah banyak pengetahuan.

  • Memperluas wawasan budaya

Keunggulan berikutnya dari agrowisata untuk edukasi anak yakni mampu memperluas wawasan budaya mereka. Di beberapa daerah tertentu, agrowisata juga dikombinasikan dengan kegiatan seni hingga festival. Dengan keterlibatan aktivitas seperti demikian, tentu saja anak-anak bisa belajar memahami keberagaman budaya di lingkungan sekitar.

  • Menanamkan rasa tanggung jawab pada lingkungan

Anak-anak bisa belajar terkait pentingnya menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan dengan cara berkunjung ke tempat-tempat agrowisata. Mereka akan menyadari bahwa lingkungan yang terjaga dan terawat akan terlihat begitu indah dan layak untuk dikunjungi. Tak hanya itu, mengunjungi tempat-tempat agrowisata juga bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab anak terhadap lingkungan supaya senantiasa menjaganya.

Dari pemaparan di atas, tentu sangat penting adanya agrowisata di Indonesia yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata saja. Dari beberapa tempat yang kini telah dikelola menjadi agrowisata, siapapun bisa sambil belajar dan menambah pengetahuan tentang alam beserta segala hal  yang terkait di dalamnya.


Baca Juga : Deretan Agrowisata dengan Konsep Terbaik yang Ada di Indonesia

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *