Sudah tahu? Ini 8 Air Terjun Keindahan Indonesia

Sudah tahu? Ini 8 Air Terjun Keindahan Indonesia

EARTHIANOS – Keindahan air terjun merupakan suatu keajaiban alam yang sangat memukau dengan memiliki keindahan yang luar biasa. Air terjun keindahan yang menjulang tinggi ini pun memiliki keindahan sangat mempesona dengan suara gemuruh air jatuh dari ketinggian. Yang memang sangat khas, tentu tidak asing lagi menjadi daya Tarik tersendiri bagi para wisatawan. Indonesia, merupakan salah satu negaa yang sangat kaya akan keindahan alamnya, apalagi dengan banyaknya Kawasan wisata air terjun. Yang dapat dikunjungi dari Sabang hingga Merauke tentu saja menjadi suatu kebanggaan. Namun, disamping Air Terjun Keindahan Indonesia ini pun tentu pula memberikan banyak manfaat kepada masyarakat. Terutama sebagai wilayah lokasi wisata yang paling diincar bahkan bukan hanya oleh masyarakat Indonesia juga banyak masyarakat mancanegara.

Daftar 8 Air Terjun Keindahan Indonesia Paling Menarik Untuk Dijelajahi

Bagi kamu yang ingin berlibur atau mencari suatu lokasi yang menenangkan jiwa mari kunjungi berbagai destinasi wisata air terjun yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Bermain, berlibur dna juga menikmati keindahan alam bahkan sambil beredukasi. Maka sangat menarik dengan kunjungi air terjun yang ada di Indonesia. Berikut ini terdapat 8 daftar Air Terjun Keindahan Indonesia yang wajib kamu jelajahi dan kunjungi sehingga bisa menikmatinya secara memuaskan, diantaranya adalah:

Air Terjun Madakaripura

Jenis keindahan air terjun ini berasal dari wilayah Probolinggo, yaitu yang terletak di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang mana tempat ini bertepatan di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Air terjun ini memiliki keindahan alam luat biasa yang dikelilingi tebing bebatuan berwarna hijau lumut dan menjadi suatu lokasi destinasi air terjun yang memiliki ketinggian tebing sekitar 200 meter.

Dengan kunjungi tempat ini kamu bisa melihat keindahan air terjun yang Nampak tipis jatuh dari ketinggian dengan air berwarna biru di bagian bawahnya. Adapun untuk mencapai lokasi ini maka perlu melewati jalanan yang licin dan sebelum tiba di lokasi maka bisa menemukan empat air terjun lainnya.

Air Terjun Kanto Lampo

Berikutnya adalah air terjun keindahan dari wilayah Bali dengan menawarkan keindahan yang sangat eksotis yaitu dengan bentuk air terjunnya. Yang berundak-undak Nampak seperti tangga dengan aliran air yang sangat memukau membuat wisata alam ini terlihat menakjubkan. Air terjun Kanto Lampo ini pun dikelilingi dengan pohon-pohon yang tumbuh asri dan sangat hijau di sekitaran sungai. Air terjun yang bentuknya tidak terlalu tinggi ini pun membuat pengunjung dapat berdiri pada beberapa undakan batu dengan aliran air yang menenangkan.

Lokasi ini dianggap tempat suci oleh masyarakat setempat yaitu tidak heran untuk digunakan sebagai tempat upacara keagamaan. Sehingga disebut Dewa Yadnya atau Pitra Yadnya, adalah terletak di Gianyar, Bali yang terletak di daerah rendah sehingga akses ke tempat ini pun lebih mudah.

Air Terjun Banyumala

Destinasi wisata berikutnya yang sangat menarik adalah air terjun keindahan Banyumala dengan menawarkan keindahan eksotis. Dengan ketinggian air terjun 20 meter dan terbagi menjadi dua sisi yang dibatasi batu besar dan sekelilingnya adalah tebing dengan dedaunan hijau. Pada bagian bawahnya Nampak kolam yang sangat bersih dan alami. Sehingga sangat jernih dengan kedalaman 2 meter sehingga pengunjung juga bisa berenang di tempat ini.

Lokasi wisata ini juga dikenal dengan nama Banyumala Twin Waterfall yang terletak di Desa Wanagiri, Kabupaten Buleleng, Bali. Bahwa untuk mencapai tempat ini pun perlu melewati perjalanan trekking sehingga sebaiknya pengunjung perlu menggunakan alas kaki yang lebih nyaman.

Air Terjun Sekumpul

Jenis destinasi wisata ini pun berasal dari Bali yang juga terletak di wilayah Buleleng yaitu tepatnya di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Sebagai air terjun keindahan yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Sekeliling air terjun ini dikelilingi pepohonan hijau yang sanga asri dan bagian bawahnya terdapat bebatuan besar dan air terjun. Yang jatuh dari atas ini pun mengenai bebatuan dibawahnya yang cukup tinggi, dan air terjun terbagi dua dari atas. Sehingga dibagian tengah mengalir beberapa aliran sehingga Nampak sangat indah. BagianĀ  bawahnya pun terdapat kolam yang bisa dijadikan tempat berenang yang seru.

Air Terjun Sipiso-Piso

Selanjutnya adalah berasal dari wilayah Sumatera Utara. Bahwa air terjun ini adalah destinasi wisata yang memukau termasuk sebagai air terjun keindahan tertinggi di Indonesia adalah dengan ketinggan 120 meter. Air terjun ini terbentuk dari sungai bawah tanah di Plato Karo yang mengalir melalui suatu gua di bagian sisi kawah Danau Toba. Dengan pemandangan sekelilingnya adalah tebing dan pepohonan hijau menampilkan pemandangan yang sangat indah.

Air Terjun Benang Kelambu

Berasal dari Lombok, tentunya Kawasan wisata ini cukup unik dan berbeda dengan lainnya bahwa air terjun ini bersumber dari alur Kawasan hutan kaki Gunung Rinjani yang mengalir ke bagian selatan sehingga kemudian tumpah pada bagian utara Kabupaten Lombok Tengah. Dengan keindahan Air Terjun Keindahan Indonesia yang sangat menawan ini memiliki bentuk seperti kelambu laksana benang-benang halus yang sangat indah.

Jatuhnya air terjun benang Kelambu di beberapa sudut tebing di bagian atas serta di bawah dengan sekelilingnya adalah tebing nan hijau yang sangat indah. Keeksotiasan daripada air terjun ini pun dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan oleh warga setempat. Pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Air Terjun Tumpak Sewu

Keindahan air terjun yang begitu mempesona ditampilkan oleh air terjun keindahan Tumpak Sewu dengan keindahan luar biasa, tingginya adalah mencapai 120 meter. Dengan tumpahan air terjun dari atas tebing dan mengelilingi tebing atau Nampak lebar, yang juga air terjun ini disebut sebagai air terjun Niagara versi Indonesia. Bentuknya tampil seperti formasi yang melebar seperti tirai dan melingkar. Dengan suguhan keindahan air yang sangat indah serta suasana yang lebih tenang tentu membuat wisatawan lebih nyaman. Adapun air terjun ini terletak di Desar Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo yaitu di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Air Terjun Nglirip

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan keindahan panorama yang sangat memukai dengan tampilan air terjun setinggi 25 meter. Yang menawarkan pemandangan eksotis air terjun keindahan yang cukup lebar dan dikelilingi tebing berwarna coklat dengan pepohonan di baian atasnya. Airnya adalah bersumber dari hutan Krawak sehingga airnya berwarna hijau toska dengan sangat menawan. Sehingga bagian kolam yang dalam sebagai tempat jatuhnya air terjun dan mengalir dengan bebatuan dibagian pinggirnya. Air terjun ini terletak di daerah Tuban yaitu di wilayah Lumajang.

Itulah sejumlah air terjun yang wajib kamu kunjungi Ketika liburan tiba, atau untuk menghilangkan rasa stress dan bosan. Maka di tempat tersebut kamu bisa temukan ketenangan hati dan kenyamanan dari kesegaran yang sangat alami.

Baca Juga : Keindahan Indonesia yang Tersimpan di 11 Taman Nasional Terpopuler

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *