Keindahan Indonesia yang Tersimpan di 11 Taman Nasional

Keindahan Indonesia yang Tersimpan di 11 Taman Nasional

Indonesia memiliki banyak sekali taman nasional yang menawarkan keindahan alam dan keanekaragaman hayati. Setiap taman memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri yang bisa dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga, saat berkunjung ke taman ini bisa menjadi pengalaman yang luar biasa. Pada saat libur panjang tidak ada salahnya untuk datang ke di Indonesia yang menawarkan keindahan luar biasa. Taman ini menawarkan keanekaragaman flora dan fauna yang bisa menjadi sarana belajar juga. Maka, sangat cocok sekali untuk menjadi tempat liburan bersama anak-anak.

Inilah 10 Taman Nasional Terpopuler Di Indonesia Yang Menawarkan Keindahan Alam Luar Biasa

Membicarakan keindahan Indonesia memang tidak ada habisnya, Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa sehingga menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Taman Nasional merupakan pusat konservasi serta rumah bagi flora dan fauna yang terancam punah. Namun, Wisata ini juga bisa dikunjungi oleh wisatawan. Disini akan disebutkan 10 taman terpopuler di Indonesia yaitu:

Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional di Indonesia yang populer adalah Taman Bunaken yang berada di Sulawesi Utara. Sehingga taman di Indonesia ini menjadi rumah bagi 390 spesies terumbu karang dan 90 biota laut. Sehingga, anda bisa bayangkan betapa memukaunya pemandangan bawah laut di Taman  Bunaken ini.

Taman Nasional Bali Barat

Di Pulau Dewata juga terdapat sebuah taman yang tidak kalah memukau. Melingkupi sekitar 10 persen wilayah di daratan Bali. Taman Nasional Bali Barat merupakan kawasan hutan dan sabana dimana anda bisa menemukan sisa-sisa empat gunung berapi purbakala dari jaman Pleistocene. Tidak hanya itu, rumah dari berbagai flora dan fauna ini menjadi satu-satunya tempat dimana anda bisa menemukan Jalak Bali yang sudah terancam punah. Tidak hanya menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna yang eksotis, taman ini menawarkan pemandan alam yang memukau dan beragam.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Bromo Tengger Semeru mempunyai pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Semeru sebagai ikon utamanya. Anda bisa mendaki ke puncak Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa sambil menikmat matahari terbit di Gunung Bromo. Lautan pasir Tengger menjadi tempat sempurna untuk berjalan kaki atau menunggangi kuda. Wisata alam Taman Bromo Tengger Semeru juga menawarkan keindahan sunrise dari Ranu Kumbolo.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Tidak hanya Aceh yang memiliki Taman Nasional di Sumatera, terdapat pula Taman Kerinci Seblat yang terletak di 4 provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. Taman di Indonesia ini memiliki Gunung kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia yang menjadi daya tarik utama. Tidak hanya itu, taman kerinci memiliki beragam flora dan fauna termasuk bunga Rafflesia Arnoldi, bunga bangkai, dan rumah bagi hewan langka seperti harimau Sumatera, Badak Sumatera, Gajah Sumatera, dan Tapir.

Taman Nasional Way Kambas

Way Kambas berada di Provinsi Lampung dan terkenal sebagai pusat konservasi gajah sumatera. Taman ini didirikan pada tahun 1985 dan memiliki luas sekitar 1300 km persegi. Selain menjadi rumah bagi gajah, taman ini juga merupakan habitat bagi spesies lain yang terancam punah seperti harimau Sumatera, Badak Sumatera dan Tapir. Jika berkunjung ke taman ini, anda bisa menyaksikan langsung pelatihan gajah, saftar gajah dan berbagai pertunjukan yang menunjukan kemampuan dan keterampilan gajah.

Taman Nasional Baluran

Ingin merasakan sensasi bersafari di Afrika? Tidak perlu jauh-jauh anda bisa berkunjung ke Taman Nasional Baluran di Situbondo Jawa Timur. Baluran menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Banyuwangi. Sehingga, Taman ini sering disebut sebagai Afrika Jawa karena memiliki savana luas dan mirip dengan landskap Afrika. Taman ini menjadi habitat banteng, rusa dan berbagai jenis burung. Selain itu, anda juga bisa berkunjung ke Pantai Bama di baluran untuk snorkeling sambil melihat pemaandangan laut yang indah.

Taman Nasional Tanjung

Tanjung merupkan Taman nasional di Indonesia yang menjadi kawasan konservasi terkenal kaena upaya pelestarian terhadap orangutan. Taman ini berada di Kalimantan Tengah dan memiliki area seluas sekitar 4.150 km persegi. Saat berkunjung untuk melihat orangutan, anda bisa mengikuti tour menggunakan kapal klotok atau perahu tradisional serta menyusuri sungai sekonyer. Selain orangutan, Taman Tanjung Putting juga merupakan rumah bagi bekantan, owa-owa, macan dahan, dan berbagai burung eksotis yang terancam punah.

Taman Nasional Komodo

Komodo terletak di Nusa Tenggara Timur dan terkenal sebagai rumah bagi hewan purba komodo. Selain komodo terdapat juga ekosistem bawah laut yang kaya akan terumbu karang, ikan dan biota laut lainnya. Di taman ini anda bisa melakukan aktivitas snorkeling, diving, dan trekking di Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Taman Nasional Ujung Kulon

Ujung Kulon berada di Ujungjaya, Banten. Taman ini merupakan tempat perlindungan sekaligus konservasi bagi Badak Jawa bercula satu yang langka. Salah satu taman Indonesia yang memiliki hutan hujan tropis yang rimbung dan garis pesisir pantai yang indah. Selain badak, anda juga bisa menemukan berbagai spesies burung, primate, dan reptile di Taman Ujung Kulon Banten.

Taman Nasional Gunung Leuser

Gunung Leuser terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, Indonesia. Wisata ini memiliki seluas sekitar 7.927 km persegi dan merupakan bagian dari situs warisan dunia UNESCO. Di Wisata ini anda bisa melihat habitat satwa liar seperti orangutan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, dan badak sumatera. Trekking dan ekspedisi alam bersama tour guide juga bisa memberikan pengalaman mendalam tentang konservasi satwa liar di Taman Gunung Leuser.

Taman Nasional Lorentz

Papua memiliki keindahan alam yang luar biasa, salah satu taman yang ada di papua adalah Taman Nasional Lorentz yang terbesar di Asia Tenggara. Sehigga ini termasuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO, Lorentz merupakan rumah bagi banyak spesies flora dan fauna endemic dan suku-suku asli Papua. Keunikan dari Taman Lorentz adalah puncak carstensz atau dikenal sebagai puncak jaya dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut dan salju.

Itulah 11 daftar taman nasional terpopuler di Indonesia yang dapat anda kunjungi, taman tersebut memiliki keindahan alam yang luar biasa. Anda akan bertemu dengan flora dan fauna yang terancam punah serta bisa belajar banyak juga tentang keanekaragamannya. Maka, tidak ada salahnya saat liburan tiba untuk berkunjung ke taman yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Ini Dia Sejumlah Keindahan Pantai Losari, Cocok Buat Liburan

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *