Pantai Tanjung Pakis, Keindahan Tersembunyi di Utara Jawa Barat

Pantai Tanjung Pakis, Keindahan Tersembunyi di Utara Jawa Barat

EARTHIANOS jika bicara perihal pantai yang ada di Indonesia, kebanyakan orang pasti akan tertuju langsung pada nama-nama pantai yang ada di Pulau Bali yang sudah sangat terkenal seperti Pantai Sanur atau Kuta. Namun, siapa sangka bahwa di Jawa Barat pun terdapat salah satu pantai yang indah dan eksotis yang bahkan belum banyak diketahui yakni Pantai Tanjung Pakis.

Bagi mayoritas warga yang tinggal di Karawang, mungkin nama Tanjung Pakis tidak terdengar asing karena pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit andalan masyarakat di sana. Pantai Tanjung Pakis sendiri berlokasi di Karawang, Jawa Barat atau tepatnya di Desa Pakis Jaya. Lokasinya berada di sebelah utara Jawa Barat.

Artinya, pantai ini berada langsung di bibir pantai Laut Jawa. Sebagaimana kita ketahui, karakteristik pantai utara berbeda dengan pantai selatan seperti Pelabuhan Ratu, Pameungpeuk ataupun Pangandaran. Biasanya, pantai-pantai yang ada di selatan Jawa memiliki ombak yang besar dan panjang sebagai ciri khasnya. Tak hanya itu, air laut di pantai selatan juga memiliki warna biru karena sangat dalam di mana berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Berbeda halnya dengan Pantai Tanjung Pakis maupun pantai-pantai lain yang berada di utara Jawa yang mempunyai karakteristik perairan tenang dan tidak adanya ombak besar. Hal inilah yang menjadi kelebihan dari pantai ini sebab bisa lebih aman dikunjungi oleh siapapun tanpa perlu merasa takut dan khawatir dengan ombak besar.

Maka dari itu, jika anda menginginkan pengalaman seru wisata bahari, mengunjungi Pantai Tanjung Pakis di Karawang bisa menjadi pilihan terbaiknya. Tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang sudah sangat populer, di Pantai Tanjung Pakis pun banyak sekali aktivitas seru yang dapat dilakukan, termasuk juga menikmati keindahan laut yang begitu mempesona yang pasti akan membuat anda puas.

Deretan Daya Tarik Pantai Tanjung Pakis Karawang

Tanjung Pakis sebagai salah satu pantai di utara Jawa yang mulai banyak dikunjungi pastinya memiliki beberapa daya tarik. Soal keindahan alam, pantai ini tidak perlu diragukan lagi karena garis pantai yang panjang memberikan lanskap yang menarik untuk dilihat para pengunjung. Meskipun harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, namun sesampainya di Pantai Tanjung Pakis, semua lelah anda akan terbayar dengan apa yang anda dapat saat mengunjunginya.

Selain itu, pantai ini juga memiliki berbagai spot terbaik yang bisa wisatawan kunjungi untuk melengkapi pengalaman wisatanya. Lebih lengkapnya, inilah dia beberapa daya tarik Pantai Tanjung Pakis di Karawang yang bisa anda eksplorasi diantaranya:

  • Pasir Pantai Tanjung Pakis Dengan Warna Bervariasi

Mendengar pantai dengan pasir putih mungkin saat ini sudah bukan lagi menjadi sesuatu yang luar biasa. Tapi, bagaimana jika pasir pantai yang anda lihat memiliki warna yang bervariasi? Ya, semua itu bisa anda temukan ketika mengunjungi Pantai Tanjung Pakis yang berada di Karawang. Pasalnya,  adalah pantai yang di sepanjang pantainya memiliki warna pasir berbeda.

Di sebagian daerahnya, anda akan menemukan pasir pantai ini berwarna putih. Namun, jika anda menelusuri lebih jauh Pantai Tanjung Pakis, anda bisa menemukan pula pasir pantai yang berwarna kuning keemasan ataupun berwarna coklat yang mana hal tersebut tentu saja menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

  • Aktivitas Bermain Air di Pantai Tanjung Pakis

Di Pantai Tanjung Pakis, para pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai aktivitas seru bermain air yang bisa dilakukan di dalamnya. Selain menikmati indahnya pemandangan alam laut, di pantai ini pula anda dapat menjajal berbagai kegiatan menarik yang pastinya akan sangat memuaskan selama anda berada di pantai ini.

Ada beberapa contoh aktivitas bermain air yang sangat seru buat anda coba seperti diantaranya bermain banana boat, berenang, atau bahkan berjalan-jalan menikmati angin laut di sepanjang pantai. Tak hanya itu, anda juga bisa menaiki berbagai wahana yang disediakan di sana yang dijamin bakal sangat memuaskan. Apalagi, bermain air di pantai ini tidak berbahaya sekalipun bagi anak-anak sebab ombaknya yang sangat kecil.

  • Pohon Pinus

Daya tarik selanjutnya di Tanjung Pakis yang pasti akan membuat mata anda terpukau yaitu adanya barisan pohon pinus yang hijau. Pohon pinus bisa anda lihat dengan jelas di pinggiran pantai yang mengindikasikan kalau pantai ini jadi tempat yang palin ideal untuk melakukan piknik dengan keluarga ataupun teman.

Banyaknya pohon pinus di Pantai juga memberikan udara yang lebih sejuk dan segar, tentu berbeda dengan pantai lain yang ada di Indonesia. Bahkan, hijaunya barisan pohon pinus semakin menambah keeksotisan dan keindahan pantai ini yang dijamin akan membuat siapapun betah berlama-lama menghabiskan waktunya di Pantai Tanjung Pakis.

  • Wisata Kuliner di Pantai tanjung pakis

Berkunjung ke Pantai Tanjung Pakis pastinya tidak lengkap jika hanya sekedar merasakan dan menikmati pemandangan yang indah. Karena di kawasan pantai ini, anda pun bisa menjajal berbagai macam jenis kuliner khas serta hidangan seafood yang dijamin bisa memanjakan lidah anda. Kebanyakan jenis kuliner yang dijual di kawasan wisata pantai ini adalah dari hasil tangkapan laut.

Beberapa jenis seafood seperti cumi-cumi, udang, kepiting hingga ikan bisa anda cicipi dengan mudah. Bahkan, anda bisa memilih jenis olahannya yang disediakan oleh para penjual seperti hidangan seafood dengan saus manis, digoreng ataupun dibakar yang semuanya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

  • Panjang Garis Pantai

Apabila anda memutuskan untuk mengunjungi Pantai Tanjung Pakis khususnya pada masa liburan, maka anda bisa menjelajahi berbagai spot terbaik yang bahkan lebih puas dibanding menyambangi pantai-pantai lain. Terlebih lagi, Yang memiliki garis pantai yang lumayan panjang yaitu sekitar 7 kilometer yang membentang di utara pulau Jawa.

Dengan panjang garis pantainya tersebut, tentu saja Pantai Tanjung Pakis menjadi tempat yang cocok bagi anda untuk menghabiskan waktu dengan penuh keseruan. Terlebih, di sepanjang pantainya tersebut, anda bisa mencari beberapa spot terbaik seperti misalnya untuk menikmati pemandangan pantai maupun hingga melakukan kegiatan fotografi yang dipastikan sangat instagramable.

  • Akses ke Pantai

Meskipun lokasi dari Pantai Tanjung Pakis ini lumayan jauh, tetapi akses ke pantai ini sangatlah mudah dan tidak akan membuat pengunjung merasa kelelahan. Pasalnya, jalan menuju pantai tersebut sangat mulus dan dapat dilalui oleh setiap jenis kendaraan atau transportasi darat. Memang, sebelumnya jalan untuk menuju ke lokasi pantai ini sangat berlubang dan berbatu, namun karena sering dikunjungi akhirnya pemerintah daerah setempat melakukan pengelolaan yang lebih maksimal.

Apalagi, Tanjung Pakis sebagai pantai wisata yang saat ini sudah ramai dikunjungi pastinya harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang juga memadai dan menunjang. Adapun jarak dari pusat Kota Karawang ke pantai ini yaitu kurang lebih 70 kilometer.

 

Baca Juga : Pengalaman Susur Sungai Bawah Tanah di Gua Pindul

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *