Keindahan Air Terjun Grojogan Sewu Pujon Malang

Keindahan Air Terjun Grojogan Sewu Pujon Malang

EARTHIANOS – Air terjun Grojogan Sewu Pujon merupakan tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam menawan. Air terjun ini menawarkan udara sejuk serta air yang segar. Lokasi air terjun ini berada di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tepatnya berada di sisi kiri jalan raya Malang-Kediri, sekitar 37 km dari Kota Malang. Tempat ini sangat praktis sekali ditemukan karena sangat terlihat jelas di jalan raya.

Rute jalan menuju ke air terjun Grojogan Sewu Pujon Malang ini jika dari Kota Malang melewati Kota Batu, air terjun Rondo, Pasar Pujon, air terjun Grojogan Sewu. Dari Pasar Pujon sekitar 11 km lagi, atau 1 km sesudah rest area. Sebaliknya jika ditempuh dari kediri maka melewati kota Pare, Kandangan, Kasembon, Ngantang, air terjun Grojogan Sewu.

Meskipun rutenya cukup panjang, namun setelah sampai di air terjun Grojogan Sweu Pujon ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah serta dinginnya air. Tidak hanya itu saja, anda pun bisa melepas penat seketika melihat air terjun tersebut.

Jembatan menuju Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan sewu lokasinya sekitar 200 meter dari jalan raya Malang-Kediri. Ditandai dengan sebuah jembatan yang melintang diatas Sungai konto. Jembatan ini pun hanya diperuntukan bagi pejalan kali, alasannya karena itu para pengunjung yang ingin datang ke tempat wisata ini bisa menitipkan kendaraannya di parkiran rumah warga setempat.

Setelah melintasi jembatan dengan panjang sekitar 30 meter ini, jalanan menuju Lokasi berupa jalan setapak cor di pinggir sawah. Jalan setapak ini sedikit menanjak, namun tidak seberapa, masih mudah untuk dilalui. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit saja sudah datang di depan pintu masuk air terun ini.

Setelah memasukan air terjun ini, terdapat bagunan semacam pendopo dengan arsitektur menyerupai bangunan Klenteng. Pendopo atau balai ini pun berada di bawah pohon beringin besar yang rindang, sanggup dimanfaatkan untuk bersantai bagi pengunjung. Di bawah pohon beringin terdapat Kawasan yang biasa dipakai untuk persembahkan sebagai bab ritual peribatan. Bagi pengunjung ke sana memang harus benar-benar jaga sikap, menghormati aturan yang ada di tempat wisata tersebut.

Namun selain pendepo dan Kawasan ritual, di area tersebut pun ada musholla untuk ibadah para pengunung beragama Islam. Dengan adanya musholla ini, toleransi umat beragama terasa begitu kental di tempat tersebut.

Secara keseuluruhan, panorama di air terjun Grojogan Sewu masih alami dan indah. Suasana sekitar masih berupa persawahan di pinggiran Sungai. Belum banyak dieksplorasi sebagai Kawasan wisata, meski sudah disediakan beberapa fasilitas. Bahkan, untuk menikmati keindahan air terjun ini tidak dikenakan tiket, hanya seikhlasnya saja yang dimasukan ke dalam kotak amal.

Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata air terjun  Grojogan Sewu menjadi salah satu destinasi liburan favorit karena menawarkan berbagai keindahan alam yang memanjakan mata. Selain bisa menikmatu sejuknya air terjun, anda juga bisa mendapatkan pengalaman baru karena trekking menuju tempat tersebut biasanya cukup menentang dan seru.

Maka liburan ke air terjun Grojogan Sewu paling menyenangkan harus dilakukan dengan orang-orang tersayang. Agar agenda liburan semakin menyenangkan, disini akan disebutkan bebapa perlengkapan yang bisa di bawa saat liburan ke air terjun Grojogan Sewu yaitu:

  • Menggunakan jaket anti air

Jaket anti air berguna banget saat liburan ke tempat wisata air terjun Grojogan Sewu. Biasanya jaket biasa akan menyerap air dan membuat pengunjung tidak mudah kedinginan saat berada di air terjun.

  • Membawa lazy bag

Lazy bag berguna juga untuk di bawa yang tidak bisa berenang namun ingin menikmati segarnya bermain air terjun. Asal tetap dalam pengawasan orang yang bisa berenang.

  • Membawa perlengkapan berenang

Sangat disayangkan jika ke tempat wisata air terjun tidak berenang namun harus perhatikan juga aturan yang sudah tertera juga di tempat tersebut. Jika ingin berenang di tempat wisata air terjun ini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan berenang.

  • Gunakan dry bag

Dry bag jangan pernah melupakan benda yang satu ini saat berkunjung ke tempat wisata air terjun. Drybag bermanfaat untuk menyimpanan barang elektronik dan barang lain yang rentan rusak jika terkena air. Jika tidak memiliki drybag akali dengan membawa tas dari bahan parasut atau membawa kantong plastik yang ditutup dengan rapat.

  • Selalu gunakan yang safety

Perjalanan menuju destinasi air terjun biasanya sangat licin dan lembab karena ditumbuhi lumut. Di tambah lagi, sebelum mencapai air terjun akan ada bebatuan yang jadi medan perjalanan. Alas kaki yang tepat sangatlah diperlukan seperti menggunakan sandal gunung yang dipercaya anti selip hingga bisa meminimalisir resiko terpeleset saat perjalanan menuju air terjun.

  • Membawa air minum

Perjalanan menuju air terjun biasanya jauh dari jalan utama. Maka, jangan lupa untuk membawa air minum di dalam tas supaya tidak kehausan di tengah jalan.

  • Membawa bekal makan

Bekal makan bisa dibawa untuk mendukung perjalanan atau dinikmati di sekitar air terjun. Bawa makanan yang sajiannya cukup praktis dan mengenyangkan.

  • Jas hujan

Jas hujan bisa menjadi perlengkapan yang dibawa untuk melindungi diri dari cipratan air atau menghindari cuaca buruk seperti hujan.

  • Membawa topi

Anda bisa membawa topi sebagai perlengkapan pribadi agar kepala terhindar dari sinar matahari langsung atau adanya serangga.

  • Membawa obat-obatan

Obat-obatan juga penting sekali di bawa karena dikhawatirkan terjadi sesuatu atau berjaga-jaga jika terluka atau dalam keadaan mendesak.

  • Daya Tarik Keindahan Air Terjun Grojogan Sewu

Daya tarik air terjun grojogan sewu ini akan menarik perhatian pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut. Pasalnya, air terjun ini cukup unik karena ada di sekitar pinggir jalan membuat pemandangannya begitu indah. Tidak hanya itu, air di air terjun ini begitu segar sehingga menambah kesejukan saat berkunjung ke tempat tersebut. Pengunjung juga bisa bermain air di tempat wisata tersebut, namun pastikan juga aturan yang ada di tempat tersebut.

Di air terjun Grogojogan Sewu ini pun memiliki keragaman budaya, tradisi dan agama yang Bersatu dalam toleransi. Pasalnya, di air terjun ini pun ada kuil atau tempat peribadatan, kemudian ada mushola juga untuk ibadah umat muslim. Hal tersebut memperlihatkan toleransi umat beragama. Untuk tiket masuk ke air terjun ini gratis, anda hanya perlu membayar seikhlasnya. Namun, meskipun gratis tempat wisata ini sangat bersih dan terawat. Maka, jika anda membawa makanan atau minuman ke tempat ini, jangan membuang sampah sembarangan harus cintai alam dan lingkungan sekitar. Dengan berkunjung ke tempat wisata air terjun bisa menghilangkan kepenatan.


Baca Juga : Eksotisnya Air Terjun Malela yang Cocok untuk Liburan

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *