Rekomendasi Air Terjun di Jawa Barat yang Indah

Rekomendasi Air Terjun di Jawa Barat yang Indah

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keindahan alamnya yang luar biasa. Salah satu tempat wisata alam yang populer di Jawa Barat adalah air terjun. Pasalnya, daerah-daerah di Jawa Barat sebagian besar adalah pegunungan sehingga banyak menyajikan wisata alam yang luar biasa seperti air terjun ini. Maka, tidak ada salahnya saat berkunjung ke daerah yang ada di Jawa Barat untuk mencoba liburan ke air terjunnya.

Air terjun sendiri merupakan tempat wisata alam yang bisa memenangkan pikiran pengunjungnya karena bisa mendengar gemericik air, udara yang sejuk, pemandangan alam yang hijau dan asri, serta air dingin dan jernih. Maka, sangat cocok sekali bagi anda yang sudah penat atas kebisingan perkotaan untuk datang ke tempat wisata air terjun di Jawa Barat. Untuk lebih mudahnya anda bisa ketahui terlebih dahulu rekomendasi air terjun di Jawa Barat yang indah dan menakjubkan.

Inilah Rekomendasi Air Terjun di Jawa Barat yang Indah dan Menakjubkan

Jawa Barat dikenal sebagai provinsi dengan pemandangan alam yang luar biasa. Air terjun menjadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat berada di wilayah Jawa barat. Untuk lebih mudahnya, disini akan disebutkan rekomendasi air terjun di Jawa Barat yaitu:

  1. Air terjun dago

Air terjun dago atau lebih dikenal oleh masyarakat jawa barat adalah curug dago berlokasi di daerah Bandung. Curug dago sendiri memiliki sejarah penting karena curug ini pernah dikunjungi oleh Raja Thailand. Di curug dago anda bisa melihat prasasti berupa batu peninggalan kerajaan Thailand sekitar 1818 lalu. Ini menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri untuk curug dago.

Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandung yaitu sekitar 8 km saja. Aksesnya pn terbilang mudah karena lokasinya tidak jauh dari terminal dago, tepatnya masih ada dalam kawasan Taman Hutan Raya Djuanda.

Curug dago ini ada di ketinggian 800 mdpl. Udaranya sejuk khas pegunungan. Air terjunnya pun memiliki ketinggian air sekitar 12 meter, airnya terkenal jernih dan segar. Selain itu, pemandangan alam sekitarnya sangat asri dengan pepohonan yang rindang. Jika datang ke curug dago ini tidak perlu membayar biaya masuk.

  • Air terjun batu templek

Jika mencari air terjun atau curug batu templek yang tidak jauh dari pusat kota, anda bisa mengunjungi curug batu temple. Berada di kawasan Cibeunying Kaler, air terjun ini tidak kalah cantik dari air terjun lainnya. Tebing-tebing yang cadas dialiri oleh air dari ketinggian, membuatnya sangat menawan dan indah.

Keunikan dari curug batu temple ini adalah adanya jembatan gantung yang sering menjadi tempat untuk berfoto atau sekedar menikmati keindahan. Lokasinya pun cukup strategi membuat curug batu temple ini mudah diakses. Untuk bisa memasuki wilayah curung, anda hanya perlu membayar sebesar Rp 5000.

  • Curug cinulang

Air terjun di Jawa Barat tepatnya di Bandung menjadi objek wisata yang sangat legendaris yaitu curug cinulang. Nama lain dari curug cinulang adalah curung sindulang karena berad adi Desa Sindulang. Berada di perbatasan Bandung dan sumedang, namun tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Curug cinulang terkenal dengan keindahannya, perjalanannya yang jauh akan terbayarkan oleh pesona yang ada di curug cinulang. Saking indahnya, bahkan curug cinulang ini dibuat lagi yaitu dengan judul curug cinulang. Selain itu, keunikan dari curug cinulang ada mitos yang beredar di masyarakat. Konon jika datang bersama pasangan, cinta akan kandas. Namun jika datang sendiri akan mendapatkan pasangan.

Tidak heran, jika setiap musim liburan, curug cinulang ini ramai dikunjungi. Para wisatawan tidak perlu tersesat karena aksesnya mudah. Di curug cinulang juga sudah tersedia berbagai fasilitas seperti toilet, warung, gazebo dan masih banyak lagi.

  • Curug cimahi

Air terjun yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Cimahi atau Bandung adalah curug Cimahi. Air terjun ini memiliki ketinggian air 87 meter membuatnya terlihat begitu kokoh dan mempesona. Tempatnya agak tersembunyi di balik tebing dan pepohonan. Namun, kecantikannya tidak ada tandingannya. Namun tenang saja, rute yang harus ditempuh masih terbilang mudah.

Tidak hanya keindahannya, keunikan dari curug cimahi adalah fasilitasnya yang sudah lengkap. Mulai dari mushola, kamar mandi, tempat beristirahat, hingga warung-warung makan. Liburan pun akan semakin terasa nyaman.

  • Curug Maribaya

Curug maribaya adalah air terjun yang ada di Bandung yang paling hits. Meskipun agak jauh dari pusat kota, tetapi akses jalannya mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi. Namun, perlu dicatat, untuk sampai ke curug maribaya ini anda harus memiliki stamina yang bagus karena setelah berkendaran, harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Tidak perlu khawatir, perjalanan itu akan terasa menyenangkan karena disuguhi oleh pemandangan alam yang mempesona dan udara sejuk. Anda juga akan melihat kemegahan dari curug maribaya dengan tinggi sekitar 15 meter. Curug maribaya ini terdiri dari tiga air terjun yaitu Cikoleang, Cikawari, dan Cigulung. Keunikan dari air terjun ini anda bisa berendam air panas. Di jamin liburan pun akan semakin menyenangkan.

  • Curug malela

Curug malela merupakan air terjun yang memiliki keunikannya tersendiri yaitu bentuknya seperti air terjun Niagar. Tidak heran, jika curug ini memiliki julukan Niagara Mini. Tidak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk menikmati keindahan air terjun Niagara, karena di Jawa Barat pun ada.

Curug Malela berada di ketinggian 1000 mdpl. Dengan tinggi curug sekitar 60 meter dan lebar hingga 70 meter. Udaranya sejuk khas pegunungan akan anda rasakan di curug ini. Anda juga bisa melakukan aktivitas trekking untuk menikmati keindahan lebih jauh lagi. Meskipun jalannya yang ditempuh cukup panjang. Namun keindahan alam yang disuguhkan oleh curug malela akan memanjakan mata.

Daya Tarik Air Terjun yang Ada di Jawa Barat

Jawa Barat merupakan provinsi yang dikenal akan keindahan alamnya, salah satu tempat wisata yang dapat dikunjungi di Jawa Barat adalah air terjun. Setiap air terjun di Jawa Barat ini memiliki daya tarik tersendiri. Inilah beberapa daya tarik air terjun yang ada di Jawa Barat yaitu:

  • Pemandangan hijau dan asri

Air terjun yang ada di Jawa Barat selalu disuguhi dengan pemandangan hijau dan asri sehingga setiap pengunjung yang datang ke sana akan merasa betah.

  • Sudah dilengkapi dengan fasilitas bagus

Air terjun yang ada di Jawa Barat sudah dilengkapi dengan fasilitas bagus seperti toilet, warung makan, gazebo dan masih banyak lagi. Sehingga, pengunjung yang datang pun akan betah.

Itulah beberapa daya tarik air terjun di Jawa Barat, beberapa rekomendasi air terjunnya pun sudah disebutkan diatas. Sehingga, bagi para pengunjung yang ingin datang ke air terjun di Jawa Barat akan merasa senang, tenang dan nyaman juga.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *