Keindahan Air Terjun Indonesia yang Terbaik

Keindahan Air Terjun Indonesia yang Terbaik

EARTHIANOS – Semua orang tentu sudah tahu mengapa air terjun keindahan indonesia bisa menjadi salah satu objek wisata yang paling menyenangkan.  Tetapi sebetulnya air terjun memiliki peran penting lain selain hanya menarik minat wisatawan.

Indonesia memiliki banyak air terjun yang tersebar di seluruh penjuru negeri, dan juga keindahan yang tercipta di sekitar area air terjun berada sudah cukup untuk menciptakan kesan yang alami. Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya air terjun bagi orang – orang yang tinggal di sekitar air terjun dan orang – orang yang tinggal jauh dari air terjun. Kemudian, kita akan membahas bahaya yang mungkin kita hadapi jika air terjun tersebut dirusak.

Inilah Pentingnya Menjaga Air Terjun Agar Tetap Asri

Kita akan membahas secara terperinci tentang bagaimana kita semua dapat memperoleh manfaat dari air terjun. Sebab selain memberikan hiburan, edukasi juga hal positif lainnya, jika anda berada di sekitar air terjun ada banyak hal yang bisa anda perhatikan nantinya. Sehingga memang semuanya jadi sangat penting untuk diakukan oleh semua orang, khususya demi keberlangsungan terjaganya ekosistem kehidupan.

Air Terjun Mampu Memurnikan Kondisi Air

Saat air terjun mengalir ke sungai yang berbeda, air terjun akan memurnikan air tersebut dan kemudian menjadi murni kembali. Meski memang tidak secara langsung dan drastis, namun semuanya akan bisa dikondisikan sesuai dengan waktunya. Pemurnian air membantu berbagai kehidupan yang ada di air untuk hidup melalui penyediaan oksigen. Sehingga air yang mengandung oksigen dapat membantu kehidupan yang ada di dalam ekosistem air tersebut. Jadi, tanpa air terjun dan pemurnian airnya, kita tidak akan memiliki ikan untuk dimakan, dan hewan lain yang hidup di air akan mati dan akan memengaruhi Ekosistem kedepannya.

Air terjun juga membantu mengubah limbah yang mengalir di air menjadi nutrisi yang membantu tanaman tumbuh. Hal ini dimungkinkan karena saat melewati bebatuan sebelum mengalir ke sungai dan danau, bakteri tumbuh yang membantu penguraian limbah. Air yang diperoleh dari berbagai air terjun tidak perlu diolah karena sangat aman untuk diminum bahkan tanpa direbus.

Air terjun juga menambahkan oksigen ke sumber air dimana tempat air mengalir menuju air dan ini membantu ikan bernapas dengan baik dan hidup. Karena daerah sekitarnya lembap yang disebabkan oleh air terjun. Petani dengan mudah mengolah tanah mereka dan mendapatkan hasil panen yang baik yang dijual di seluruh penjuru negeri untuk menghasilkan sejumlah uang.

Air dari air terjun keindahan indonesia dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti mencuci pakaian, peralatan, dan hal – hal lain di rumah. Air terjun juga membantu irigasi berbagai tanaman di berbagai daerah, karena perubahan cuaca yang memengaruhi petani, air terjun menyediakan air yang digunakan untuk keperluan irigasi. Memancing juga dapat dilakukan di air terjun yang menyediakan makanan bagi masyarakat di negara ini.

Manfaat Kesehatan Ekologis dari Air Terjun

Dilihat dan dicatat oleh pengamatan, bahwa ekosistem air terjun dapat menunjukkan betapa pentingnya air terjun bagi ekosistem melalui dua faktor yang  akan ada di bawah ini:

Air terjun di sungai berarti kehidupan yang sehat bagi sungai dan ini mengarah pada pertumbuhan pohon dan tanaman di sepanjang tepi sungai dan keberadaan pohon menyebabkan berkurangnya erosi tanah karena stabilitas tanah oleh tanaman.

Air terjun juga membantu menjaga ekosistem tetap hidup dan ini terlihat melalui kehidupan yang melimpah di sekitar air terjun mulai dari manusia, tanaman hingga hewan seperti kadal, reptil, burung liar, dan banyak lainnya. Namun karena pembangunan bendungan, hutan kehilangan aliran air yang menyebabkan kerusakan hutan dan merusak ekosistem negara. Sehingga ada banyak ancaman yang bisa timbul jika air terjun keindahan indonesia ini tidak kita jaga :

  1.  Polusi air

Polusi air sebagian besar disebabkan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar air terjun dan industri, dan ini telah memengaruhi kehidupan akuatik di air terjun dan memengaruhi air itu sendiri. Polusi air sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti campur tangan manusia salah satunya. Sehingga air itu tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya, maka sebaiknya jangan bermukim di sekitar sungai sebab memang tidak direkomendasikan.

  • Kekeringan

Kondisi iklim kekeringan sangat memengaruhi air terjun karena selama kondisi kering dan kekeringan, permukaan air berkurang dan ini sebagian besar disebabkan oleh penggundulan hutan yang merajalela di negara tersebut. Otomatis air tanah yang tadinya tersimpan dengan baik, dan jika tidak tertampung akan mengalir ke sungai. Kemudian jadi tidak ada sama sekali, jangankan air yang mengalir ke sungai.

Untuk persediaan cadangan air di dalam tanahnya saja sudah tidak cukup sama sekali. Sehingga kekeringan ini sangat mungkin terjadi dan dapat mengancam persediaan air tanah masyarakat. Nantinya jika air terjun mengalami kekeringan, maka cadangan air yang akan mengalir ke desa juga akan otomatis mengalami penurunan.

  • Bendungan

Pembangunan bendungan di air terjun menghentikan aliran air alami dan ini dapat menyebabkan banjir dan erosi. Bahaya erosi ini sangat serius bagi keberlangsungan kehidupan, bendungan yang begitu besar mampu melenyapkan kehidupan manusia. Kemudian debit air yang begitu banyak dan tertahan di bendungan mampu membuat masyarakat kehilangan cadangan airnya. Maka sebetulnya bendungan itu ada keuntungan dan kekurangannya.

  • Fracking

Fracking mengacu pada proses industri yang menuangkan limbah yang tidak diolah ke dalam air sehingga memengaruhi kehidupan akuatik. Hal ini merupakan kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh pabrik atau industri besar. Izin yang mereka buat juga seringkali tidak sesuai dengan realitasnya. Padahal keberlangsungan kehidupan itu sangat penting sekali, mengingat semuanya demi keberlangsungan hidup orang banyak.

Limbah yang tidak diolah ini memang terkesan sangat mudah dilakukan, sebab pemiliknya tidak perlu melakukan rangkaian pengolahan limbah. Tidak perlu ditampung, diolah, namun hanya tinggal membuangnya. Selain itu juga biasanya pipa pipa yang mengalir ke aliran air itu disembunyikan agar tidak terlihat. Fracking ini sebetulnya yang paling membahayakan diantara semuanya, sebab berpengaruh pada kesehatan.  Tidak hanya kesehatan manusia, tapi juga semua ekosistem hewan dan tumbuhan yang di sekitarnya.

Maka dari itu jangan hanya mementingkan keindahannya saja ya, faktanya masih ada banyak hal yang saling berhubungan. Sebab untuk menciptakan air terjun keindahan indonesia memerlukan konsistensi dan kepedulian terhadap lingkungan. Barulah bisa tercipta air terjun yang memiliki banyak keindahan. Jangan sampai kemudian ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Jaga selalu kondisi lingkungan sekecil apapun, kecil besarnya upaya bisa turut menjadi andil dalam keberlangsungan ekosistem yang ada. Itu semua bisa menjadi penjaga ekosistem yang dapat menjadi keberlangsungan hidup banyak orang.

Baca Juga : Ternyata Air Terjun Keindahan Indonesia Punya Sisi Lain Bagi Kesehatan

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *