Menelusuri Keindahan Pantai Pandawa yang Mempesona

Menelusuri Keindahan Pantai Pandawa yang Mempesona

EARTHIANOS – Pantai Pandawa di Bali merupakan destinasi wisata yang begitu memukau dengan keindahan alamnya yang luar biasa serta kaya akan sejarah. Pantai ini menawarkan pemandangan yang begitu spektakuler dengan pasir lembut dan air laut yang jernih. Bahkan, pantai ini tersembunyi di antara tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi membuat pantai ini begitu sempurna, begitu indah.

Di balik panorama yang menakjubkan ini, terdapat pula sejarah mengenai pantai ini dahulu dijadikan sebuah tempat persembunyian dan hanya bisa diakses melalui laut oleh penduduk setempat. Sebelum membahas keindahan dari pantai pandawa ini, mari kita sejenak mengenal sejarah dari pantai tersebut agar pada saat berkunjung ke pantai ini menambah kesan yang luar biasa.

Sejarah Pantai Pandawa yang Harus Diketahui

Pantai pandawa dulunya dikenal sebagai Pantai Secret merupakan destinasi yang tersembunyi di balik tebing-tebing kapur menjulang tinggi. Sebelum tahun 2012, akses ke pantai ini terbatas hanya bisa dijangkau melalui laut oleh penduduk setempat. Namun, dengan pembangunan jalan pada tahun tersebut, pantai ini pun jadi lebih mudah diakses oleh para wisatawan sehingga meningkatkan popularitasnya sebagai salah satu tujuan wisata terkemuka di Bali.

Nama pandawa pun kemudian digunakan untuk pantai tersebut diambil dari tokoh-tokoh pewayangan Mahabrata yaitu kelima saudara pangeran yang dihormati dalam kisah epic tersebut, menambah kekayaan sejarah dan kebudayaan yang melingkupi pesona pantai Pandawa.

Jadwal, Harga Tiket serta Fasilitas yang Terdapat di Pantai Pandawa

Pantai pandawa, Bali terbuka untuk pengunjung setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WITA. Jika anda ingin menikmati suasana pantai yang sepi, anda bisa datang pada saat bukan musim liburan tiba atau bisa datang pada hari biasa yaitu Senin sampai Jumat.

Harga tiket masuk ke pantai Pandawa ini terbilang murah yaitu Rp.15.000 per orangnya. Terdapat parkir juga yang bisa digunakan oleh wisatawan. Untuk harga parkir mobil sendiri ada di agka Rp5.000. Area parkir di pantai ini cukup luas jadi tidak usah khawatir tidak akan kebagian tempat.

Pantai pandawa juga menyediakan berbagai fasiltas untuk menunjang kegiatan liburan anda. Selain tempat parkir yang telah disebutkan diatas, anda juga akan menemukan fasilitas seperti tempat makan, sewa kursi dan paying, pijat refreksi, serta penyewaan perahu kano.

Apa Saja Keindahan dari Pantai Pandawa yang Memukau

Pantai Pandawa di Bali tidak hanya menjadi destinasi wisata populer namun menawarkan sejumlah keindahan alam yang begitu memukau. Berikut ini beberapa keindahan yang membuat Pantai Pandawa ini populer dan istimewa yaitu:

  1. Pasir putih yang menawan

Salah satu pesona pantai pandawa adalah pasir putihnya yang begitu lembut dan bersih. Terhampar luas di sepanjang pantai, pasir putih ini memberikan suasana yang tenang dan santai bagi para pengunjung. Pemandangan pantai yang indah dengan pasir putihnya yang memukau menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Bali.

  • Air laut yang jernih dan biru

Pantai Pandawa juga terkenal dengan air alutnya yang jernih dan berwarna biru kehijauan. Keindahan alam ini tidak hanya memesona, tetapi juga mengundang para pengunjung untuk menikmati berbagai aktivitas di air seperti berenang, snorkeling, atau sekedar berjalan-jalan di tepi pantai sambil menikmati keindahan panorama laut.

  • Tebing kapur yang megah

Pantai pandawa dikelilingi juga oleh tebing-tebing kapur yang memukau menjulang tinggi, hingga menciptakan latar belakangan megah dan spektakuler. Pemandangan tebing-tebing ini menambah pesona alam pantai serta menciptakan kesan yang tidak terlupakan bagi para pengunjung yang mengunjungi tempat ini.

  • Suasana pantai yang ramah bagi wisatawan

Selain keindahan alamnya, pantai Pandawa juga dikenal dengan suasana yang ramah dan hangat bagi para pengunjung. Fasilitas lengkap seperti area parkir luas, toilet umum dan warung makan yang menyajikan makanan lezat menjadikan pengalaman liburan di pantai ini begitu menyenangkan dan memuaskan.

  • Keindahan senja yang memukau

Tidak ada yang bisa menandingi keindahan matahari terbenam di Pantai Pandawa. Saat senja tiba, langit diwarnai oleh gradasi warna-warna indah, menciptakan pemandangan yang memukau bagi para pengunjung yang menyaksikan. Momen ini seringkali menjadi moment paling dinanti oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pandawa karena kecantikan alamnya yang tidak terlupakan.

Ada banyak sekali keindahan yang disuguhkan oleh Pantai Pandawa ini, beberapa keindahan pun sudah disebutkan diatas. Dengan keindahan tersebut, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pantai ini supaya bisa menikmati keindahan sunset, birunya lautan, serta ombak yang begitu menenangkan.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Pantai Pandawa

Pantai Pandawa tida hanya menawarkan keindahan alamnya yang mempesona namun beragam aktivitas menarik bisa dilakukan oleh pengunjung. Untuk itu, inilah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di pantai Pandawa yaitu:

  1. Berenang dan snorkeling

Air laut berwarna biru jernih di Pantai Pandawa memberikan suasana alam yang nyaman untuk berenang dan snorkeling. Pengunjung bisa mengeksplore keindahan bawah laut yang memukau dan memikat kegiatan menyelam menarik. Berenang di perairan yang tenang dan jernih ini memberikan pengelaman yang menyegarkan dan menyenangkan. Sementara aktivitas snorkeling akan membawa anda melihat berbagai spesies ikan dan kehidupan laut lainnya.

  • Bermain pasir dan berjemur

Bagi yang lebih suka bersantai saat di pantai, Pantai Pandawa ini menawarkan pasir putih yang sempurna untuk berjemur atau bermain pasir. Anda juga bisa menikmati sinar matahari sekaligus merasakan angina sepoy-sepoy di pantai yang menenangkan. Aktivitas ini cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam sekitar sambil berjemur untuk mendapatkan warna kulit berwarna cokelat keemasan.

  • Olahraga air

Pantai pandawa menjadi tempat yang ideal untuk mencoba berbagai olahraga air, seperti stand up paddleboarding. Anda bisa menyewa peralatan di sekitar pantai dan menjelajahi perairan sekitar. Pantai pandawa sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

  • Jalan-jalan di pantai

Bagi yang suka dengan kegiatan santai, jalan-jalan disepanjang Pantai Pandawa menjadi pilihan yang menyenangkan. Nikmati pemandangan alam yang indah sambil berjalan-jalan di tepi panai, mendengarkan suara ombak yang menghantam pantai dan merasakan angina sepoi-sepoi yang menyegarkan. Moment ini pun bisa menjadi kesempatan sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam Bali.

  • Mengunjungi patung pandawa

Nama pandawa pada pantai ini merujuk pada anak-anak Pandu dari cerita mitologi Mahabrata. Di pantai ini, anda bisa menemukan patung dari anak-anak pandu seperti Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Selain patung Pandawa, anda juga bisa menemukan Patung Dewi Kunti yang merupakan dari anak-anak Pandu. Lokasi patung-patung tersebut berada di sekitar area tebing pantai jadi anda bisa sekaligus berpetualang untuk mengunjungi patung-patung ini.

Pantai Pandawa menawarkan pengalaman liburan yang luar biasa dengan kombinasi keindahan alam yang memukau dengan beragam aktivitas yang menarik untuk dinikmati oleh pengunjung. Mulai dari berneang dan snorekeling di perairan biru jernih hingga anda bisa bersantai di tepi pantai sambil menikmati keindahan pantai tersebut.

Baca Juga : Keindahan Pantai Tanjung Aan yang Masih Alami

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *